Advertisements
Advertisements
Web Hosting adalah
(btoz.co.id)

Web Hosting adalah, Pengertian Khusus Seputar Hosting Website

Advertisements

IDTOPIK.COM – Apakah Anda belakangan sering mendengar istilah web hosting? Era digital ini web hosting adalah sebuah kebutuhan vital bagi para kalangan. Terutama untuk kalangan pebisnis digital. Lalu apa sebenarnya web hosting itu? Simak ulasannya berikut ini :

Pengertian dari Web Hosting Adalah..

Web hosting merupakan suatu layanan online dari sebuah perangkat komputer yang telah terhubung ke jaringan internet, yang mana digunakan untuk menyimpan data website. Tujuannya tak lain agar tetap mampu diakses secara online. Nah, agar tetap bisa tersambung dengan  jaringan internet dan dapat diakses oleh pengunjung, maka server dari web hosting tersebut akan dikelola pada ruang penyimpanan yang disebut data center.

Bagaimana Cara Kerja Web Hosting ?

Sebenarnya cara kerja web hosting adalah sangat sederhana. Ketika Anda sedang membuka suatu website melalui web browser melalui network protocol HTTP, maka saat itu internet akan mengirimkan perintah akses pada server hosting.

Kemudian server tersebut akan mengirimkan informasi file yang Anda minta ke perangkat PC melalui jaringan internet, lalu diterjemahkan oleh web browser menjadi bentuk tulisan dan gambar yang dapat Anda mengerti.

Advertisements
TRENDING:  Situs Penyedia Cloud Hosting Murah Unlimited 2021

Apa Kelebihan dari Web Hosting ?

Web hosting sendiri memiliki beberapa jenis. Masing-masing jenis tersebut memiliki kelebihannya masing-masing. Berikut adalah jenis-jenis web hosting beserta kelebihannya yang harus Anda ketahui. Diantaranya:

1.Shared Hosting

Shared Hosting merupakan jenis web hosting yang umumnya digunakan untuk blog atau website sederhana. Nah, dengan menggunakan shared hosting, Anda dapat dengan mudah berbagi server dengan pengguna lainnya, pada provider yang memiliki hosting yang sama. Berikut ini merupakan beberapa kelebihan shared hosting yang bisa Anda pertimbangkan:

  • Harga relatif murah.
  • Dapat digunakan oleh pemula.
  • Pre-configured pada server
  • Model penggunaan control panel yang mudah.
  • Penyedia shared hosting akan tetap melakukan perawatan dan administrasi server.

2. VPS Hosting

Sama halnya dengan shared hosting, VPS hosting akan tetap mengharuskan Anda untuk berbagi server dengan pengguna lainnya. Namun, VPS hosting merupakan penyedia web hosting yang sudah mengalokasikan beberapa bagian ke server Anda sendiri.

TRENDING:  Perbedaan Domain dan Hosting, Lengkap dengan Pengertian dan Definisinya

Oleh karena itu, penggunaan VPS hosting lebih menguntungkan dibandingkan menggunakan shared hosting. Berikut merupakan beberapa kelebihan VPS hosting yang bisa Anda pertimbangkan. Diantaranya :

Advertisements
  • Tanpa harus membeli, Anda bisa menggunakan space server yang dedicated.
  • Performa website lebih stabil
  • Memiliki akses root ke server.
  • Pengelolaan yang mudah.

3. Cloud Hosting

Cloud Hosting merupakan salah satu jenis hosting yang banyak digunakan. Menariknya, pada web hosting jenis ini,  jika terdapat server cloud yang bermasalah, maka traffic yang terdapat di website tersebut akan otomatis di router pada server lainnya. Berikut ini adalah kelebihan lain yang dimiliki oleh cloud hosting. Diantaranya :

  • Jika ada salah satu server yang error, tidak akan berpengaruh ke performa website.
  • Pembayaran dapat dilakukan sesuai dengan jumlah cloud yang digunakan.
  • Jika dibandingkan VPS, cloud hosting lebih scalable.

4. WordPress Hosting

WordPress hosting merupakan transformasi dari shared hosting yang sengaja dirancang untuk para pengguna wordpress. Layanan wordPress hosting juga tak jarang menyediakan berbagai fitur tambahan, seperti tool, temal, juga masih banyak lagi. Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh WordPress Hosting. Diantaranya :

  • Harganya murah
  • Mudah digunakan untuk pemula.
  • Memiliki performa yang sangat baik untuk website WordPress
TRENDING:  Fungsi VPS Yang Paling Banyak Diterapkan oleh Pengguna

Itulah penjelasan lengkap mengenai web hosting. Kiranya kini Anda telah paham, bahwa web hosting adalah solusi yang paling tepat untuk website Anda. Jadi, apakah Anda tertarik untuk menggunakannya?