Cara Daftar Aplikasi Bansos
Cara Daftar Aplikasi Bansos

Cara Daftar Aplikasi Bansos Online 2021 Agar Cepat Diterima

Cara Daftar Aplikasi Bansos Online 2021 Agar Cepat Diterima – Pandemi seperti sekarang ini, banyak orang yang berduyung-duyung mencari bantuan karena krisisnya ekonomi. Salah satunya yaitu dengan mengharapkan Bantuan Sosial atau Bansos.

Tapi tak banyak orang paham bagaimana cara daftarnya. Yuk, simak artikel mengenai langkah-langkah cara daftar di Aplikasi bantuan sosial.

Cara Daftar Aplikasi Bansos

Berikut ini adalah beberapa langkah yang harus Anda lakukan untuk menjadi penerima bansos.

TRENDING:  Cara Mendapatkan Dana Bantuan Pemerintah Saat PPKM Level 4, Usaha Mikro Sampai Kartu Sembako

1. Unduh Aplikasi [KLIK DI SINI]

Hal yang paling utama yang harus Anda lakukan yaitu dengan mengunduh aplikasi bansos pada Play Store. Pastikan aplikasi adalah buatan Kementerian Sosial, jangan sampai Anda mengintal aplikasi yang salah. Karena banyak sekali aplikasi yang serupa.

2. Registrasi

Syarat Daftar Aplikasi Bansos Menggunakan Aplikasi Cek Bansos [KLIK DI SINI]

Selanjutnya, lakukan registrasi terlebih dahulu. Siapkan pula nomor KK, NIK, dan juga KTP saat melakukan registrasi. Jika sudahm hanya hanya perlu mengirim foto KTP dan juga selfie menggunakan KTP.

TRENDING:  Syarat Daftar Bansos 2021 Lewat Aplikasi Cek Bansos

Jika telah telah daftar di aplikasi bansos, isi kode OTP yang telah dikirim melalui email. Tunggu data-data yang sudah masuk terverifikasi terlebih dahulu. Jika telah terverifikasi tandanya registrasi telah berhasil. Dengan demikian Anda bisa menggunakan aplikasi Bansos.

Regitrasi ini wajib dilakukan, karena untuk masuk ke dalam menu “Sangah” dan “Usul” memerlukan user ID yang sudah diverifikasi serta diaktifkan oleh Kemensos.

TRENDING:  Link Download Aplikasi Cek Bansos 2021 Lengkap dengan Cara Instalnya

3. Pilih Menu

Setelah melakukan registrasi, silahkan pilih menu “Daftar Usulan” dan mulai tambahkan usulan. Menu tersebut meminta Anda untuk menambahkan usulan yang hanya bisa ditambahkan oleh pemilik akun saja.

Adapun data-data yang perlu Anda isi yaitu

  1. Nomor KK
  2. NIK
  3. Nama Lengkap
  4. Tempat Lahir
  5. Jenis Kelamin
  6. Provinsi
  7. Kabupaten/Kota
  8. Alamat sesuai KTP
  9. RT RW
  10. Nama lengkap ibu kandung
  11. Nomor yang dapat dihubungi
TRENDING:  Link Download Aplikasi Cek Bansos 2021 Lengkap dengan Cara Instalnya

Jika sudah, klik “pilih jenis bansos” serta lampirkan foto yang meliputi foto rumah dan swafoto menggunakan KTP.

Dalam menu “Daftar Usulan” ini, Anda bisa mendaftarkan diri sendiri, keluarga, orang lain, fakir dan maskin, atau yang lainnya untuk mendapatkan bantuan.

Bagaimana, sangat mudah bukan daftar di aplikasi bansos? Anda tak perlu risau dan bingung lagi untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah.