Hello Friend, apakah kamu sering merasakan perih di perut setelah makan? Atau bahkan terasa seperti asam yang naik ke kerongkongan? Jika iya, kemungkinan besar kamu mengalami asam lambung naik atau GERD. Meskipun bisa diatasi dengan obat-obatan modern, namun ada beberapa obat asam lambung naik tradisional yang juga bisa membantu mengurangi gejala. Berikut adalah beberapa di antaranya.

Jahe

Jahe adalah salah satu obat asam lambung naik tradisional yang paling terkenal. Selain membantu meredakan perut kembung dan mual, jahe juga bisa membantu mengurangi asam lambung yang naik ke kerongkongan. Kamu bisa minum teh jahe atau mengunyah beberapa potongan jahe segar untuk meredakan gejala asam lambung naik.

Kunyit

Kunyit juga merupakan bahan alami yang sering digunakan sebagai obat asam lambung naik. Senyawa kurkumin yang terkandung dalam kunyit memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa membantu meredakan peradangan di perut. Kamu bisa menambahkan kunyit ke dalam masakan atau minum jus kunyit untuk mengurangi gejala asam lambung naik.

Kelapa Muda

Minum air kelapa muda segar bisa membantu menetralkan kelebihan asam dalam perut. Selain itu, air kelapa muda juga mengandung elektrolit yang bisa membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Kamu bisa minum air kelapa muda segar setiap hari untuk membantu mengurangi gejala asam lambung naik.

Madu

Madu adalah salah satu bahan alami yang bisa membantu meredakan gejala asam lambung naik. Kandungan antioksidan dalam madu bisa membantu memperbaiki kerusakan sel-sel di perut akibat peradangan. Kamu bisa minum teh madu atau mencampurkan madu ke dalam segelas air hangat untuk meredakan gejala asam lambung naik.

Kacang Hijau

Salah satu bahan alami yang mungkin tidak terlalu dikenal sebagai obat asam lambung naik adalah kacang hijau. Kacang hijau mengandung senyawa yang bisa membantu meningkatkan produksi lendir di perut sehingga bisa membantu melindungi dinding perut dari iritasi akibat kelebihan asam. Kamu bisa menambahkan kacang hijau ke dalam salad atau membuat sup kacang hijau untuk membantu mengurangi gejala asam lambung naik.

TRENDING:  Cara Mengatasi Masalah Lambung

Daun Mint

Daun mint sering digunakan sebagai bahan alami untuk meredakan gangguan pencernaan. Kandungan menthol dalam daun mint bisa membantu meredakan peradangan di perut dan mencegah kelebihan asam lambung. Kamu bisa menambahkan daun mint ke dalam teh atau mencampurkan daun mint ke dalam salad untuk membantu mengatasi gejala asam lambung naik.

Asam Jawa

Asam jawa mengandung asam sitrat yang bisa membantu menetralkan kelebihan asam di perut. Kamu bisa mencampurkan asam jawa ke dalam air hangat dan minum setelah makan untuk membantu mengurangi gejala asam lambung naik.

Kunir Asem

Kunir asem adalah campuran kunyit dan asam jawa yang sering digunakan dalam masakan Indonesia. Selain memberikan rasa yang enak, kunir asem juga bisa membantu meredakan gejala asam lambung naik. Kamu bisa menambahkan kunir asem pada makanan yang kamu konsumsi untuk membantu mengurangi gejala asam lambung naik.

Jambu Biji

Jambu biji mengandung serat dan nutrisi yang bisa membantu meningkatkan pencernaan. Selain itu, jambu biji juga mengandung senyawa yang bisa membantu menetralkan kelebihan asam di perut. Kamu bisa mengonsumsi jambu biji sebagai camilan sehat atau menambahkannya ke dalam salad untuk membantu mengurangi gejala asam lambung naik.

Air Kelapa

Air kelapa juga bisa membantu mengurangi gejala asam lambung naik. Selain menetralkan kelebihan asam di perut, air kelapa juga mengandung elektrolit yang bisa membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Kamu bisa minum air kelapa segar setiap hari untuk membantu mengurangi gejala asam lambung naik.

TRENDING:  Obat Asam Lambung Saat Puasa

Jeruk Nipis

Jeruk nipis mengandung asam sitrat yang bisa membantu menetralkan kelebihan asam di perut. Kamu bisa menambahkan perasan jeruk nipis ke dalam air hangat dan minum setelah makan untuk membantu mengurangi gejala asam lambung naik.

Kacang Almond

Kacang almond mengandung lemak sehat dan serat yang bisa membantu meningkatkan pencernaan. Selain itu, kacang almond juga mengandung senyawa yang bisa membantu menetralkan kelebihan asam di perut. Kamu bisa mengonsumsi kacang almond sebagai camilan sehat atau menambahkannya ke dalam salad untuk membantu mengurangi gejala asam lambung naik.

Daun Sirih

Daun sirih mengandung senyawa yang bisa membantu meredakan peradangan di perut. Selain itu, daun sirih juga bisa membantu menetralkan kelebihan asam di perut. Kamu bisa mengunyah daun sirih segar atau menambahkan daun sirih ke dalam teh untuk membantu mengurangi gejala asam lambung naik.

Table

Bahan Alami Manfaat Cara Mengonsumsi
Jahe Merupakan obat asam lambung naik tradisional paling terkenal Minum teh jahe atau mengunyah beberapa potongan jahe segar
Kunyit Mengandung senyawa kurkumin yang bisa membantu meredakan peradangan di perut Menambahkan kunyit ke dalam masakan atau minum jus kunyit
Kelapa Muda Minum air kelapa muda segar bisa membantu menetralkan kelebihan asam dalam perut Minum air kelapa muda segar setiap hari
Madu Kandungan antioksidan dalam madu bisa membantu memperbaiki kerusakan sel-sel di perut akibat peradangan Minum teh madu atau mencampurkan madu ke dalam segelas air hangat
Kacang Hijau Mengandung senyawa yang bisa membantu meningkatkan produksi lendir di perut sehingga bisa membantu melindungi dinding perut dari iritasi akibat kelebihan asam Menambahkan kacang hijau ke dalam salad atau membuat sup kacang hijau
TRENDING:  Cara Menghilangkan Sesak karena Asam Lambung

FAQ

1. Apa itu asam lambung naik?

Asam lambung naik atau GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) adalah kondisi di mana asam lambung naik ke kerongkongan karena katup antara lambung dan kerongkongan tidak berfungsi dengan baik.

2. Apa saja gejala asam lambung naik?

Gejala asam lambung naik antara lain perih di perut setelah makan, mual, muntah, sesak napas, dan batuk-batuk.

3. Apakah obat asam lambung naik tradisional aman dikonsumsi?

Obat asam lambung naik tradisional umumnya aman dikonsumsi, namun tetap disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu terutama jika kamu sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu.

4. Berapa lama pengobatan dengan obat asam lambung naik tradisional harus dilakukan?

Lama pengobatan dengan obat asam lambung naik tradisional tergantung pada kondisi masing-masing individu. Namun, umumnya kamu bisa merasakan perubahan dalam waktu 2-4 minggu.

5. Apa saja makanan yang harus dihindari untuk mencegah asam lambung naik?

Makanan yang harus dihindari untuk mencegah asam lambung naik antara lain makanan berlemak, pedas, berkafein, alkohol, dan asam.

Kesimpulan

Obat asam lambung naik tradisional bisa menjadi alternatif bagi kamu yang ingin mengurangi gejala asam lambung naik. Namun, sebaiknya tetap berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi obat asam lambung naik tradisional. Selain itu, perlu juga diingat untuk menghindari makanan yang bisa memicu asam lambung naik agar gejalanya tidak semakin parah. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.

Iklan