Advertisements

Apakah Anda penggemar musik Iwan Fals? Jika iya, pasti Anda tidak asing dengan lagu-lagunya yang penuh makna dan mengena di hati. Salah satu lagu yang sangat populer dan sering didengarkan adalah “Yang Terlupakan”. Lagu ini mengisahkan tentang melupakan sejarah dan nilai-nilai luhur yang seharusnya menjadi bagian dari kehidupan kita.

Di dalam artikel ini, kita akan mengulas lebih dalam tentang kunci gitar dari lagu “Yang Terlupakan” Iwan Fals. Melalui analisis lengkap, kita akan membahas bagaimana cara memainkan chord gitar yang sesuai dengan lagu ini. Tidak hanya itu, kita juga akan membahas latar belakang dan cerita di balik lagu ini, serta pesan yang ingin disampaikan oleh Iwan Fals melalui liriknya.

Apakah Anda seorang pemula dalam bermain gitar atau sudah seorang ahli, artikel ini akan memberikan panduan lengkap untuk memainkan kunci gitar “Yang Terlupakan” dengan tepat. Mari kita telusuri bersama dan temukan keindahan musik dan makna yang terkandung di dalam lagu ini.

Pengenalan Lagu “Yang Terlupakan” Iwan Fals

Lagu “Yang Terlupakan” merupakan salah satu karya masterpiece dari Iwan Fals yang dirilis pada tahun 1981. Sejak dirilis, lagu ini telah menjadi salah satu lagu legendaris dan mendapatkan tempat di hati para pendengarnya. Dalam lagu ini, Iwan Fals menggambarkan kekhawatiran dan keprihatinan atas semakin terlupakannya sejarah dan nilai-nilai luhur dalam kehidupan sehari-hari.

Melalui lirik yang mendalam, Iwan Fals mengajak pendengarnya untuk merenung dan memahami pentingnya mengenang dan menjaga warisan budaya kita. Lagu ini juga menjadi pengingat bahwa kita sebagai individu dan masyarakat harus tetap menghargai dan menghormati perjuangan para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan dan kehidupan yang lebih baik.

Latar Belakang dan Pesan dalam Lagu “Yang Terlupakan”

Lagu “Yang Terlupakan” terinspirasi oleh peristiwa sejarah yang terjadi di Indonesia. Iwan Fals ingin mengingatkan generasi muda akan pentingnya menjaga dan menghormati sejarah bangsa. Ia merasa prihatin dengan semakin pudarnya rasa nasionalisme dan semangat kebangsaan di tengah masyarakat yang terlalu fokus pada hal-hal yang bersifat konsumerisme.

Dalam lirik lagu ini, Iwan Fals menyampaikan pesan bahwa kita tidak boleh melupakan kisah-kisah heroik para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan. Semangat perjuangan dan semangat kebangsaan harus tetap hidup dalam diri kita, agar kita tidak melupakan nilai-nilai luhur yang telah diperjuangkan oleh para pendahulu kita.

Iwan Fals juga menyoroti pentingnya menghargai dan menjaga warisan budaya kita. Lagu ini mengajak pendengarnya untuk lebih mengenal dan mencintai budaya Indonesia, serta menghormati keberagaman yang ada. Dengan menjaga dan menghargai warisan budaya, kita dapat memperkuat identitas bangsa dan memberikan kontribusi positif bagi kehidupan masyarakat.

Analisis Lirik Lagu “Yang Terlupakan”

Lirik lagu “Yang Terlupakan” memiliki kekuatan dalam menyampaikan pesan-pesan penting kepada pendengarnya. Iwan Fals menggunakan kata-kata yang sederhana namun memiliki makna yang dalam. Mari kita telaah lebih lanjut lirik dari lagu ini.

Penggalan Pertama

“Dalam perjalanan kar’irku
Ku temu banyak manusia
Yang tak punya apa-apa
Tapi tak pernah ragu”

Penggalan pertama lirik lagu “Yang Terlupakan” menggambarkan pengalaman Iwan Fals dalam menjalani karier musiknya. Ia bertemu dengan banyak orang yang tidak memiliki kekayaan materi namun tetap teguh dan tidak pernah ragu dalam menjalani hidup. Pesan yang ingin disampaikan di sini adalah bahwa kebahagiaan dan kekuatan tidak selalu bergantung pada harta benda, namun juga bisa ditemukan dalam keteguhan hati dan semangat hidup.

Penggalan Kedua

“Ku temu banyak manusia
Yang punya banyak harta
Harta yang tak pernah bisa
Membeli kekuatan”

Penggalan kedua lirik lagu ini menggambarkan Iwan Fals bertemu dengan orang-orang yang memiliki kekayaan materi namun tidak memiliki kekuatan yang sejati. Harta benda tidak bisa membeli kekuatan yang sejati seperti keberanian, kejujuran, dan keikhlasan. Pesan yang ingin disampaikan di sini adalah bahwa kekuatan sejati tidak bisa dimiliki hanya dengan kekayaan materi semata.

Penggalan Ketiga

“Yang terlupakan
Biarlah terlupakan”

Pada penggalan ketiga ini, Iwan Fals menyampaikan pesan yang kuat. Ia mengatakan bahwa hal-hal yang telah terlupakan seharusnya biarkan terlupakan. Ini bisa diartikan sebagai pengingat bahwa kita harus fokus pada hal-hal yang lebih penting dalam kehidupan daripada mengingat dan terus membawa beban masa lalu yang tidak berguna. Meskipun demikian, pesan ini juga mengajak kita untuk belajar dari sejarah dan tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Melalui analisis lirik lagu “Yang Terlupakan”, kita dapat merasakan kekuatan pesan yang ingin disampaikan oleh Iwan Fals. Lirik yang sederhana namun penuh makna ini mengajak kita untuk merenung dan memahami nilai-nilai penting dalam kehidupan, serta menjaga sejarah dan warisan budaya kita.

TRENDING:  Lirik Aku Ikhlas: Lantunan Kata-kata yang Menyentuh Hati dan Membawa Ketenangan

Kunci Gitar Lagu “Yang Terlupakan” Iwan Fals

Untuk Anda yang ingin memainkan lagu “Yang Terlupakan” Iwan Fals dengan gitar, berikut adalah kunci-kunci yang dapat Anda gunakan.

Intro:

e|-----------------|-----------------|-----------------|-----------------|B|-----------------|-----------------|-----------------|-----------------|G|-----4-------4---|-----2-------2---|-----4-------4---|-----2-------2---|D|---4---4---4---4-|---4---4---4---4-|---4---4---4---4-|---4---4---4---4-|A|-2-------2-------|-2-------2-------|-2-------2-------|-2-------2-------|E|-----------------|-----------------|-----------------|-----------------|

Verse 1:

AEAEDalam perjalanan kar'irkuAEAEKu temu banyak manusiaAEAEYang tak punya apa-apaAEAETapi tak pernah ragu

Lanjutkan dengan menggunakan pola kunci yang sama untuk seluruh bagian verse dan chorus. Anda dapat mengganti chord dengan menggunakan pola A-E-A-E untuk setiap baris liriknya.

Bridge:

C#mDAKu temu banyak manusiaC#mDAYang punya banyak hartaC#mDAHarta yang tak pernah bisaC#mDAMembeli kekuatan

Anda dapat mengulangi pola kunci tersebut untuk setiap bagian bridge dalam lagu ini.

Demikianlah kunci gitar untuk lagu “Yang Terlupakan” Iwan Fals. Jangan ragu untuk berlatih dan menguasai permainan kunci-kunci tersebut agar Anda dapat memainkan lagu ini dengan lancar. Selamat berlatih!

Penutup: Menghargai Warisan Musik Iwan Fals

Lagu “Yang Terlupakan” merupakan salah satu karya yang tidak boleh terlupakan dalam dunia musik Indonesia. Melalui lirik yang mengena dan melodinya yang menyentuh, Iwan Fals telah berhasil menyampaikan pesan-pesan penting kepada pendengarnya. Lagu ini mengajak kita untuk mengingat dan menghargai sejarah serta nilai-nilai luhur dalam kehidupan kita sehari-hari.

Melalui artikel ini, kita telah membahas pengenalan lagu “Yang Terlupakan”, analisis liriknya, serta kunci gitar yang dapat digunakan untuk memainkan lagu ini. Dengan memahami latar belakang dan pesan yang terkandung di dalam lagu ini, kita dapat lebih mengapresiasi karya-karya Iwan Fals dan melihat betapa pentingnya menjaga dan menghormati warisan budaya kita.

Sebagai pendengar musik, mari kita terus mendukung karya-karya Iwan Fals dan musisi-musisi lainnya yang memiliki misi untuk menyampaikan pesan-pesan positif melalui musik. Dengan menghargai warisan musik Indonesia, kita turut berperan dalam menjaga dan melestarikan kekayaan budaya bangsa.

Terakhir, mari kita terus menggali dan merenungkan pesan-pesan dalam lagu “Yang Terlupakan” Iwan Fals. Mari kita menjadi bagian dari gerakan untuk mengingat dan menghargai sejarah serta nilai-nilai luhur yang telah diperjuangkan oleh para pendahulu kita. Semoga artikel ini memberikan wawasan dan inspirasi dalam mengapresiasi karya musik Indonesia. Terima kasih telah membaca!

Referensi

Berikut adalah beberapa referensi yang dapat Anda gunakan untuk mendalami lagu “Yang Terlupakan” Iwan Fals:

1. Iwan Fals – Yang Terlupakan (Official Music Video)

Tonton video musik resmi dari lagu “Yang Terlupakan” di kanal resmi Iwan Fals di YouTube. Video ini dapat memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang pesan yang ingin disampaikan oleh Iwan Fals melalui lagu ini.

TRENDING:  Pentingnya Memahami Lirik Pelajar Pancasila: Menelusuri Makna dan Relevansinya

2. Kumpulan Lirik Lagu Iwan Fals

Temukan lirik lengkap dari lagu “Yang Terlupakan” dan kumpulan lirik lagu lainnya dari Iwan Fals di situs-situs musik atau pencarian lirik online. Dengan memahami lirik secara keseluruhan, Anda dapat lebih menghayati pesan yang ingin disampaikan oleh Iwan Fals.

3. Buku Biografi Iwan Fals

Baca buku biografi Iwan Fals untuk mendapatkan pemahaman yang lebih menyeluruh tentang perjalanan karier musiknya, inspirasi di balik lagu-lagu karyanya, dan nilai-nilai yang ingin disampaikan melalui musiknya. Buku ini dapat memberikan wawasan yang lebih dalam tentang Iwan Fals sebagai seorang seniman.

Dengan mengacu pada referensi-referensi di atas, Anda dapat memperdalam pemahaman Anda tentang lagu “Yang Terlupakan” Iwan Fals. Selain itu, jangan ragu untuk melakukan riset lebih lanjut dan menemukan sumber-sumber lain yang dapat membantu Anda menggali lebih dalam tentang lagu ini.

Di akhir artikel ini, kita dapat menyimpulkan bahwa lagu “Yang Terlupakan” Iwan Fals adalah sebuah karya musik yang memiliki makna dan pesan yang mendalam. Melalui liriknya, Iwan Fals mengajak kita untuk menghargai sejarah, nilai-nilai luhur, dan warisan budaya kita sebagai bangsa.

Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, kita sering kali terjebak dalam kesibukan dan konsumerisme yang membuat kita melupakan hal-hal yang lebih penting. Lagu ini menjadi pengingat bahwa kekuatan sejati tidak terletak pada harta benda, melainkan pada keteguhan hati, semangat kebangsaan, dan kejujuran diri.

Kunci gitar yang telah dibahas dalam artikel ini dapat membantu Anda dalam memainkan lagu “Yang Terlupakan” dengan tepat. Namun, jangan lupa untuk selalu merenungkan pesan-pesan yang terkandung di dalam liriknya dan menjaga semangat perjuangan serta warisan budaya kita.

Terakhir, melalui artikel ini, kita diharapkan dapat lebih menghargai karya musik Iwan Fals dan musisi-musisi lainnya yang telah berjuang untuk menyampaikan pesan-pesan positif melalui musik. Mari kita menjadi bagian dari gerakan untuk menjaga dan melestarikan kekayaan budaya bangsa, serta mengingat dan memahami sejarah kita sebagai bangsa Indonesia.

Semoga artikel ini memberikan wawasan dan inspirasi kepada Anda dalam mengapresiasi lagu “Yang Terlupakan” Iwan Fals. Terima kasih telah membaca!

Iklan