IDTOPIK.COM – Bagi pemula yang akan membuat website tentu masih menimang dan berpikir untuk membeli domain seperti apa. Berbagai tawaran domain gratis selain freenom kerap bermunculan di iklan, sehingga menimbulkan kebimbangan dalam memilih.

Domain dipakai untuk pengalamatan sebuah website, seperti ceritakata sehingga memudahkan orang untuk mengingatnya. Jika dibandingkan harus mengingat IP address berisi deretan angka, pengalamatan domain lebih human friendly.

Memilih menggunakan hosting dan domain gratis untuk memulai website bukanlah sesuatu pilihan yang buruk. Apalagi kalau masih taraf belajar mengelola website dan menggunakan domain gratis untuk pemilik tetap di situs penyedia layanan.

Di freenom jika seseorang mencoba mendaftarkan domain bisa jadi domain akan langsung dicabut dari dashboard lalu diberikan kepada pengguna lain yang mau membayar. Domain gratis.tk tidak boleh disalahgunakan untuk membuat website yang merugikan banyak pihak.

Jika akan memulai menulis di blog tentu ingin mempunyai blog dengan nama domain yang mudah di ingat serta tidak terlalu panjang. Kemudian, ketika di cari menggunakan mesin di seache engine mudah, walaupun pakai domain gratisan.

Apabila sudah lama dalam dunia blogger dan berpenghasilan biasanya akan membeli domain. Akan tetapi, kalau baru bergabung dan belum berpenghasilan tidak usah khawatir karena sekarang ini sudah banyak situs penyedia domain gratis untuk belajar.

Situs-situs website yang menyediakan domain gratis akan memberikan layanan yang beragam. Misalnya menggratiskan nama domain selama beberapa bulan, tahunan, bahkan selamanya. Domain name dengan nama atau inisial yang sulit diingat biasanya digratiskan selamanya.

Adakalanya sebuah website atau blog dengan domain gratis selain freenom berada diposisi teratas di mesin pencarian Google. Nama domain bukanlah yang menentukan tetapi bagaimana cara pengelola situs dalam menyajikan konten unik, menarik,dan serta bermanfaat.

TRENDING:  7 Rekomendasi Wordpress Hosting Indonesia Terbaik

Dengan demikian, informasi yang disajikan banyak yang mencarinya. Terlebih jika konten yang disajikan mengandung keyword yang relevan serta sudah dioptimasi dengan teknik SEO secara optimal. Maka, situs akan bertahan di halaman pertama mesin pencari.

Domain Gratis Selain Freenom yang Bisa Menjadi Pilihan

Pemerintah mengeluarkan wacana di pertengahan tahun 2015 – 2016 bahwa tahun 2020 setidaknya harus ada situs-situs penyedia layanan hosting dan domain. Situs-situs juga ikut menyertakan domain gratis untuk belajar bagi siapa saja yang membutuhkan.

Hal itu memiliki tujuan supaya masyarakat bisa mengembangkan kemampuan IT yang dipunya. Terutama bagi para pebisnis yang hendak belajar mempromosikan usahanya melalui situs profesional. Adanya layanan free domain akan membuat masyarakat bisa lebih leluasa dalam belajar kembangkan situs websitenya.

Ada juga situs website yang menyediakan domain gratis selamanya untuk pengguna website maupun blog. Berikut ini daftar domain yang bisa dipilih untuk membuat website maupun blog:

  1. co.nr

Situs pemberi layanan domain secara gratis selama 1 tahun pertama dengan ekstensi .co.nr mudah diingat serta singkat. Misalnya, ceritakata.co.nr. Situs ini tidak menyediakan hosting. Jadi, nama domain dapat diarahkan ke pengalamatan hosting pada tempat lain untuk pembuatan website, blog, forum ataupun halaman web lain.

Sejak tahun 2003, perusahaan ini sudah memberikan domain gratis selain freenom kepada pengguna yang membutuhkan. Akan tetapi, untuk akses situs ini ternyata terbatas pada beberapa negara saja dan Indonesia tidak bisa mengaksesnya.

Ada alamat situs lain yang memberikan domain .co.nr gratis dengan alamat https://www.freedomain.pro/. Situs website tidak menyertakan dan menyisipkan spanduk iklan dan iklan popup sama sekali.

Domain .co.nr dapat dipakai untuk pengalamatan website asli maupun sekedar masking untuk menutup alamat website asli agar tidak dianggap spam pada situs media sosial. Jadi, bisa memakainya sebagai domain gratis selain freenom.

  1. tk

Pada perusahaan ini memungkinkan pengguna untuk mendaftarkan domain gratis yang menyesuaikan keinginan. Mengizinkan pengguna untuk memakai nama server pribadi sehingga diperbolehkan melakukan perubahan DNS.

TRENDING:  Perbedaan Domain dan Hosting, Lengkap dengan Pengertian dan Definisinya

Pada situs website ini memberikan ekstensi domain Cctld 2 digit domain gratis .tk untuk siapa saja yang membutuhkan selama 1 tahun pertama. ekstensi .tk adalah kode negara Tokelau di wilayah Selandia Baru Samudra Pasifik Selatan.

Sejak tahun 2001, perusahaan ini melayani penjualan domain kemudian terkenal setelah freenom mengakuisisi. Tahun 2013 sangat populer tetapi runtuh reputasinya pada waktu yang sama akibat beberapa pengguna memanfaatkan ekstensi domain gratisan .tk untuk membuat website penipuan.

  1. cc

Domain gratis selain freenom yaitu Co,cc mengkhususkan untuk pengguna personal non komersial. Khusus bagi website komersial harus membeli dengan biaya sangat rendah, sedangkan untuk blog personal gratis 100 %.

Bagi blogger diberi kemudahan dengan pendaftaran domain gratis co.cc dan menyediakan pengaturan pemasangan mudah langsung ke platform blogger. Langsung mengatur alamat DNS (mx, a, chame,ns, atau txt) dan terkenal pemberi layanan co.cc penyedia domain gratis terbaik tapi sudah bangkrut dan tutup.

  1. ly

Situs bisnis akan keren kalau menggunakan ekstensi domain biz.ly dan masih aktif memberikan domain gratis untuk belajar bagi pengguna hingga sekarang. Silakan untuk klaim nama domain gratis untuk satu tahun ke depan dari sekarang dan tambahkan ke dalam server host perusahaan ini.

Sejak tahun 2002 hingga sekarang, selain menyediakan domain gratis juga menyediakan servis hosting gratis dengan cuma-cuma. Meskipun space hosting yang tersedia terbilang kecil 50Mb serta transfer bulanan 1000MB.

Domain gratis untuk belajar ini diperuntukkan bagi pemula sehingga tidak perlu bingung memikirkan skrip PHP dan HTML sebab sudah tersedia banyak template website gratis untuk memudahkan pengguna membangun website hanya hitungan detik.

  1. ga

Domain gratis ekstensi My.ga ini sudah banyak yang menggunakan termasuk dalam blog pribadi maupun blog Mp3. Blog yang membahas konten mengenai makanan dan keindahan alam cocok menggunakan domain ini.

  1. gq

Mencari domain gratis selain freenom bisa memilih dominio.gq. Meskipun masih jarang para pengguna menggunakan karena jarang terdengar sehingga terkesan asing, Jika, membutuhkan domain dengan ekstensi gq bisa mengandalkan perusahaan ini.

  1. clouddns.net

Perusahaan situs ini sudah mengganti nama domain dari clouddns.net menjadi asia.clouddns,net. Layanan yang diberikan adalah nama domain gratis serta paket hosting DNS gratis. Bagi setiap member memiliki hak mengklaim 3 domain, 4 server DNS, 3 zona DNS, 3 transfer email, DNS dinamis dan lainnya

Kalangan pemula cocok menggunakan domain ini karena interface yang sederhana. Jika, mengalami kendala menghubungi bantuan teknis dengan cara membuka tiket online. Tetapi, halaman pendaftaran nama domain gratis telah dihapus dan mengganti pendaftaran domain pertama kali selama 1 tahun diskon hingga 93%

  1. com

Situs perusahaan ini terkenal sebab dalam waktu 1 bulan telah memproses sampai 1 juta permintaan DNS. Pada pengelolaan DNS perusahan ini menawarkan banyak fitur gratis serta domain gratis. Mempunyai server sempurna sebab jumlah TTL rendah.

Artinya pihak perusahaan selalu memperbaharui rekaman yang dibuat di Internet tidak sampai 5 menit. Bagi kewarganegaraan Perancis, Rumania, dan Texas ada jaminan redudasi dan skalabilitas. Domain gratis untuk belajar cocok untuk pemula domain gratis selain blogspot.

Nah, itulah daftar domain gratis selain frenom yang bisa dipakai untuk membuat domain secara gratis. Dengan memiliki website yang bisa untuk membangun bisnis maupun blog bagi blogger tentu sangatlah membantu. Silahkan memilih mana yang cocok.

Tinggalkan Komentar

Iklan