Advertisements

Hello Friend! Apakah kamu sering merasakan sakit pada bagian ulu hati setelah makan? Bisa jadi kamu mengalami masalah asam lambung yang tinggi. Tak perlu khawatir, karena ada banyak makanan yang bisa membantu meredakan gejala asam lambung yang tidak nyaman. Simak artikel ini untuk mengetahui apa saja makanan yang bisa kamu konsumsi untuk mengatasi asam lambung.

Makanan yang Bisa Meredakan Asam Lambung

1. Kentang

Kentang mengandung karbohidrat kompleks yang dapat membantu menetralkan asam lambung di dalam perut. Kamu bisa memasak kentang dengan cara direbus atau dipanggang. Hindari mengonsumsi kentang yang digoreng karena dapat meningkatkan kadar asam lambung.

2. Pisang

Pisang termasuk makanan yang mudah dicerna oleh tubuh dan kaya akan kalium. Kalium dapat membantu menetralkan asam lambung yang berlebihan. Kamu bisa mengonsumsi pisang sebagai camilan sehat atau sebagai bahan dasar smoothie.

3. Bawang Putih

TRENDING:  Cara Meredakan Sakit Asam Lambung Naik

Bawang putih mengandung senyawa allicin yang dapat membantu meredakan inflamasi pada perut. Kamu bisa menambahkan bawang putih dalam masakan atau mengonsumsinya sebagai suplemen.

4. Oatmeal

Oatmeal mengandung serat larut yang dapat membantu menyerap kelebihan asam lambung di dalam perut. Selain itu, oatmeal juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Makanan untuk Obat Asam Lambung Manfaat
Kentang Menetralkan asam lambung
Pisang Mudah dicerna dan kaya akan kalium
Bawang Putih Meredakan inflamasi pada perut
Oatmeal Menyerap kelebihan asam lambung dan menurunkan kadar kolesterol

5. Teh Hijau

Teh hijau mengandung antioksidan yang dapat membantu meredakan inflamasi pada perut. Selain itu, teh hijau juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko terkena kanker.

6. Alpukat

Alpukat mengandung lemak sehat dan serat yang dapat membantu menetralkan asam lambung di dalam perut. Kamu bisa mengonsumsi alpukat sebagai camilan sehat atau sebagai bahan dasar salad.

TRENDING:  Mengatasi Obat Asam Lambung Naik ke Kerongkongan dengan Mudah dan Cepat

7. Kacang Almond

Kacang almond mengandung lemak sehat dan serat yang dapat membantu menetralkan asam lambung di dalam perut. Kamu bisa mengonsumsi kacang almond sebagai camilan sehat atau sebagai bahan dasar granola.

8. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, kangkung, dan brokoli mengandung serat yang dapat membantu menetralkan asam lambung di dalam perut. Selain itu, sayuran hijau juga kaya akan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

FAQ

Q: Apakah semua makanan bisa dikonsumsi untuk meredakan asam lambung?

A: Tidak semua makanan cocok untuk dikonsumsi oleh orang yang mengalami asam lambung yang tinggi. Sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk mengetahui makanan yang tepat untuk kamu konsumsi.

Q: Apakah makanan pedas dapat memperburuk gejala asam lambung?

A: Ya, makanan pedas dapat memperburuk gejala asam lambung karena dapat meningkatkan produksi asam lambung di dalam perut. Sebaiknya hindari mengonsumsi makanan pedas jika kamu mengalami masalah asam lambung yang tinggi.

TRENDING:  Mengobati Asam Lambung Naik Secara Alami

Kesimpulan

Masalah asam lambung yang tinggi dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada perut dan bisa mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Namun, dengan mengonsumsi makanan yang tepat, kamu bisa meredakan gejala asam lambung yang tidak nyaman. Kentang, pisang, bawang putih, oatmeal, teh hijau, alpukat, kacang almond, dan sayuran hijau adalah beberapa makanan yang dapat membantu menetralkan asam lambung di dalam perut. Sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk mengetahui makanan yang tepat untuk kamu konsumsi.

Saran

Sebaiknya hindari mengonsumsi makanan yang terlalu pedas atau terlalu berlemak jika kamu mengalami masalah asam lambung yang tinggi. Selain itu, kamu juga sebaiknya menghindari merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol karena dapat memperburuk gejala asam lambung.

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Iklan