Dalam dunia musik Indonesia, Dewa 19 dikenal sebagai salah satu band legendaris yang berhasil menghasilkan banyak lagu hits. Salah satu lagu terpopuler mereka adalah “Kangen,” yang telah menjadi favorit banyak orang sejak dirilis pertama kali pada tahun 1992.

Jika Anda seorang pemula yang sedang belajar bermain gitar dan ingin mempelajari chord dari lagu “Kangen” ini, Anda berada di tempat yang tepat. Artikel ini akan memberikan panduan lengkap mengenai chord Dewa 19 “Kangen” serta cara memainkannya dengan mudah.

Tetaplah membaca artikel ini untuk menemukan chord yang tepat dan bagaimana mengatur jari Anda pada fret gitar dengan benar. Dengan pemahaman yang baik mengenai chord dan teknik bermain gitar, Anda akan dapat memainkan lagu “Kangen” dengan lancar dan memukau pendengar Anda.

Chord Dewa 19 “Kangen”: Panduan Lengkap untuk Pemula

Jika Anda seorang pemula yang baru memulai perjalanan dalam mempelajari gitar, memahami chord adalah langkah awal yang penting. Chord adalah rangkaian bunyi yang terdiri dari beberapa nada yang dimainkan secara bersamaan. Dalam lagu “Kangen” karya Dewa 19, terdapat beberapa chord yang perlu Anda pelajari.

Berikut ini adalah chord Dewa 19 “Kangen” yang perlu Anda ketahui:

Intro:

GDEmCGDEmC

Verse 1:

GDEmC

Waktuterusberlalubegitucepat

GDEmC

Biarlahkusimpanrinduiniuntukmu

Chorus:

GDEmC

Kangendewa19chord

GDEmC

Kangendewa19chord

GDEmC

Kangendewa19chord

GDEmC

Kangendewa19chord

Selanjutnya, mari kita bahas cara memainkan chord-chord tersebut dengan mudah.

Cara Memainkan Chord Dewa 19 “Kangen”

Untuk pemula, memainkan chord mungkin terasa sedikit sulit pada awalnya. Namun, dengan latihan dan kesabaran, Anda akan dapat menguasainya dengan baik. Berikut adalah langkah-langkah untuk memainkan chord Dewa 19 “Kangen” dengan mudah:

1. Chord Intro: G D Em C

Untuk memainkan chord intro, letakkan jari-jari Anda pada posisi berikut:

– Jari telunjuk pada senar 3 fret 2 (G)

– Jari tengah pada senar 1 fret 2 (D)

– Jari manis pada senar 2 fret 3 (Em)

– Jari kelingking pada senar 4 fret 3 (C)

Strum senar gitar dari atas ke bawah secara perlahan menggunakan jari Anda.

TRENDING:  Panduan Lengkap Kunci Gitar Widodari: Belajar dengan Mudah dan Efektif

2. Chord Verse 1: G D Em C

Untuk memainkan chord pada verse 1, letakkan jari-jari Anda pada posisi berikut:

– Jari telunjuk pada senar 6 fret 3 (G)

– Jari tengah pada senar 5 fret 2 (D)

– Jari manis pada senar 4 fret 2 (Em)

– Jari kelingking pada senar 3 fret 1 (C)

Strum senar gitar dari atas ke bawah secara perlahan sesuai dengan pola ritme lagu.

3. Chord Chorus: G D Em C

Untuk memainkan chord pada chorus, letakkan jari-jari Anda pada posisi yang sama seperti pada verse 1.

Strum senar gitar dari atas ke bawah secara perlahan sesuai dengan pola ritme lagu.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas dan berlatih secara konsisten, Anda akan dapat memainkan chord Dewa 19 “Kangen” dengan lancar dan merasakan kepuasan saat bermain gitar.

Tips dan Trik untuk Memainkan Chord Dewa 19 “Kangen” dengan Lebih Baik

Selain menguasai posisi jari yang tepat, ada beberapa tips dan trik yang dapat membantu Anda memainkan chord Dewa 19 “Kangen” dengan lebih baik:

1. Latihan Rutin

Latihan adalah kunci utama untuk menguasai bermain gitar. Jadwalkan waktu setiap hari untuk berlatih memainkan chord “Kangen” secara konsisten. Dengan latihan rutin, kefasihan Anda dalam memainkan chord akan semakin meningkat.

2. Perhatikan Teknik Posisi Jari

Perhatikan dengan cermat posisi jari-jari Anda saat memainkan chord. Pastikan jari-jari Anda menekan senar dengan kuat dan benar pada fret yang ditentukan. Hal ini akan membantu menghasilkan bunyi yang jelas dan bebas dari dengungan yang tidak diinginkan.

3. Pahami Pola Ritme Lagu

Memahami pola ritme lagu “Kangen” sangat penting untuk memainkannya dengan benar. Dengarkan rekaman lagu dan perhatikan pola ritme yang digunakan. Praktikkan strumming yang sesuai dengan pola ritme tersebut untuk menghasilkan suara yang serupa dengan lagu aslinya.

4. Gunakan Metronom

Menggunakan metronom dapat membantu Anda mengatur kecepatan dan ketepatan dalam memainkan chord. Mulailah dengan kecepatan yang lambat dan tingkatkan secara bertahap seiring dengan kemampuan Anda. Hal ini akan membantu meningkatkan ketepatan dan kestabilan dalam memainkan lagu.

TRENDING:  Cara Membuat Chord Malam Ini Tak Ingin Aku Sendiri dengan Mudah: Panduan Lengkap

Dengan mengikuti tips dan trik di atas, Anda akan dapat memainkan chord Dewa 19 “Kangen” dengan lebih baik dan menghadirkan nuansa musik yang autentik saat bermain gitar.

Penutup: Jelajahi dan Nikmati Chord Dewa 19 “Kangen”

Chord Dewa 19 “Kangen” adalah salah satu chord yang populer dan menarik untuk dipelajari oleh pemula dalam dunia gitar. Dengan menguasai chord ini, Anda akan dapat memainkan lagu yang indah dan mengesankan.

Dalam artikel ini, kami telah memberikan panduan lengkap mengenai chord Dewa 19 “Kangen” serta cara memainkannya dengan mudah. Kami juga memberikan tips dan trik untuk membantu Anda meningkatkan keterampilan bermain gitar Anda secara keseluruhan.

Jangan ragu untuk terus mengeksplorasi chord-chord lain dari Dewa 19 dan lagu-lagu mereka yang lain. Dengan berlatih secara konsisten dan menguasai chord-chord dasar, Anda akan semakin percaya diri dalam memainkan musik dengan gitar.

Nikmati perjalanan Anda dalam mempelajari gitar dan jangan lupa untuk menikmati setiap momen dalam belajar dan bermain musik. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan memberikan inspirasi dalam mengembangkan keterampilan bermain gitar Anda. Selamat berlatih!

Sumber Daya Tambahan untuk Mengembangkan Keterampilan Bermain Gitar Anda

Untuk memperluas pengetahuan dan keterampilan bermain gitar Anda, ada beberapa sumber daya tambahan yang dapat Anda manfaatkan:

1. Belajar dari Tutorial Online

Internet adalah tempat yang kaya akan tutorial gitar gratis. Cari tutorial video atau artikel yang menjelaskan chord-chord yang lebih kompleks, teknik-teknik bermain gitar lanjutan, dan trik-trik khusus dari gitaris profesional. Pelajari dan praktekkan materi tersebut untuk mengembangkan keterampilan Anda.

2. Ikuti Kelas atau Kursus Gitar

Jika Anda ingin pendekatan yang lebih terstruktur dalam belajar gitar, pertimbangkan untuk mengikuti kelas atau kursus gitar. Anda dapat mencari guru les gitar di sekitar Anda atau mendaftar dalam kursus online yang ditawarkan oleh platform pembelajaran musik. Dalam kelas atau kursus ini, Anda akan mendapatkan bimbingan langsung dan umpan balik yang membantu Anda mengasah keterampilan bermain gitar Anda.

TRENDING:  Lirik Lagu Dear God: Membahas Lirik, Makna, dan Pesan yang Terkandung di Baliknya

3. Bergabung dengan Komunitas Gitaris

Bergabung dengan komunitas gitaris lokal atau online merupakan cara yang bagus untuk berinteraksi dengan sesama pemain gitar. Anda dapat berbagi pengalaman, bertukar ide, dan mendapatkan inspirasi baru dalam memainkan musik. Komunitas gitaris juga sering mengadakan pertemuan, jam session, atau konser kecil yang dapat menjadi kesempatan untuk tampil di depan publik dan memperoleh pengalaman yang berharga.

4. Praktik secara Konsisten

Tidak ada pengganti untuk latihan yang konsisten dan teratur. Tetapkan jadwal latihan rutin dan usahakan untuk meluangkan waktu setiap hari untuk bermain gitar. Dengan konsistensi dan ketekunan, Anda akan melihat kemajuan yang signifikan dalam keterampilan bermain gitar Anda.

Dengan memanfaatkan sumber daya tambahan ini, Anda dapat mengembangkan keterampilan bermain gitar Anda dengan lebih baik dan lebih cepat. Jangan lupa untuk tetap bersenang-senang dan menikmati perjalanan Anda dalam mempelajari dan memainkan musik dengan gitar. Selamat berlatih!

Dalam artikel ini, kami telah membahas chord Dewa 19 “Kangen” dan memberikan panduan lengkap untuk pemula dalam mempelajarinya. Kami juga telah memberikan tips dan trik yang berguna dalam memainkan chord dengan lebih baik.

Dengan latihan rutin, kesabaran, dan ketekunan, Anda dapat menguasai chord Dewa 19 “Kangen” dan menghadirkan nuansa musik yang indah melalui gitar Anda. Selain itu, kami juga telah memberikan sumber daya tambahan yang dapat Anda manfaatkan untuk mengembangkan keterampilan bermain gitar Anda secara keseluruhan.

Jangan lupa untuk menjaga semangat dan tetap bersenang-senang dalam perjalanan Anda dalam mempelajari gitar. Setiap langkah kecil yang Anda ambil dalam menguasai chord dan keterampilan bermain gitar akan membawa Anda lebih dekat pada keahlian yang Anda impikan.

Selamat berlatih dan semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dalam mengembangkan keterampilan bermain gitar Anda. Teruslah belajar, berlatih, dan teruslah menggali potensi musikal Anda. Musik adalah bahasa universal yang dapat menghubungkan jiwa dan menginspirasi orang-orang di sekitar Anda. Nikmati setiap momen dalam perjalanan musik Anda!

Iklan