IDTOPIK.COM  Berkembangnya dunia teknologi, membuat segala sesuatu hal dapat dengan mudah dilakukan. Untuk meningkatkan penjualan pun, bisa menggunakan domain agar website usaha mudah ditemui banyak orang. Wajar banyak orang yang beli domain Indonesia.

Hal ini dikarenakan sudah banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan domain untuk website usahanya. Bagi pemula wajib untuk mengetahui apa itu domain, bagaimana cara mendaftarnya bahkan apa saja keuntungan yang akan didapatkan.

Apa Sih Domain Itu?

Domain sebenarnya merupakan alamat yang fungsinya untuk mengidentifikasi website dengan menggunakan nama yang mudah untuk diingat. Penulisannya pun lebih simpel dibandingkan dengan alamat IP address yang terkadang jauh leih rumit.

Para milenial dan generasi Z yang mulai merintis usaha harus paham tentang domain. Apalagi kalau ingin memasarkan produk/jasa usaha yang dimiliki melalui sebuah website. Dengan menggunakan website maka traffic penjualan bisa naik drastis.

Umumnya, semua website pasti mempunyai alamat yang berisi angka alias IP address. Nah, biasanya IP address ini lebih sulit untuk di ingat apalagi diketik.. Jadi, hadrirnya domain akan memberikan nama website yang jauh lebih simpel dan mudah dihafal.

Sebagai contaoh, mogasukses.com. Nama domain yang digunakan adalah moga sukses sedangkan .com merupakan eksistensu dari domain yang dianggap tepat untuk jenis perusahaan/organisasi. Nama yang simpel pasti akan lebih mudah di hafal,.

Moga sukses tentu lebih mudah diingat daripada deretan angka seperti IP address. Kalau mau memiliki nama domain sendiri, harus daftar  di organisasi yang berwenang menantukan domain yaitu Internet Corporation for Assigned Names and Numbers.

Saat ini, banyak orang yang beli domain Indonesia untuk membuat nama doamain.  Tujuaannya tentu saja agar website yang dimiliki mudah diingat banyak orang. Perlu diingat nama domain yang digunakan pastikan belum pernah difatarkan orang lain.

TRENDING:  Fungsi VPS Yang Paling Banyak Diterapkan oleh Pengguna

Cara Beli Domain Indonesia Untuk Meningkatkan Traffic

Setelah mengetahui apa itu domain, pasti para milenial dan generasi Z akan mencari tahu bagaimana cara beli domain Id murah. Hal ini dikarenakan domain tidak dapat digunakan kalau belum memebeli domain. Berikut cara untuk beli domain Indonesia:

  1. Cek Ketersediaan Domainnya

Untuk dapat mempunyai domain, hal pertama yang harus dilakukan yaitu cek ketersediaan doaminnya. Carilah ide-ide nama untuk domain yang unik dan catcy agar website semakin kece dan pastinya lebih mudah diingat oleh orang-orang.

Biasanya kalau beli domain murah Indonesia bisa menggunakan tool atau jasa untuk mengecek domain. Pada tool atau jasa tersebut, bisa dilihat nama domain seperti apa yang sudah digunakan oleh orang lain. Jadi, pastikan pilih nama domaij yang berbeda.

  1. Daftarkan Nama Domain yang Dipilih

Setelah menentukan nama domain seperti apa yang akan digunakan untuk website yang dimiliki, daftarkan nama doaminnya. Kalau nama domain tidak didaftarkan, tentunya domain tidak akan bisa diaktifkan maupun digunakan.

Bukalah domain register dan langsung daftarkan saja nama domainnya. Jangan lupa, pilih juga pilih jangka waktu yang akan digunakan seletah beli domain Indonesia. Jangka waktu ini nantinya akan mempengaruhi besaran biaya yang harus dibayarkan.

Untuk jangka waktu sendiri bisa memilih mau yang jangka waktu tahunan atau jangka panjang. Biaya untuk pembelian domain sesuai dengan kualitas dari nama domainnya. Kalau permintaannya semakin tinggi, maka biayanya juga akan lebih mahal lagi.

  1. Melakukan Pembayaran Domain

Cara beli domain Indonesia selanjutnya yaitu melakukan pembayaran dari nama domain yang sudah didaftarkan. Biaya yang dikeluarkan untuk pembayaran nama domain sesuai dengan jangka waktu yang dipilih.

TRENDING:  Sembilan Web Hosting Gratis Terbaik Untuk Website Anda

Biasanya jasa penyedia domain menawarkan harga promo sehingga  biaya yang dikeluarkan lebih murah. Terdapat kode promo yang bisa digunakan pembeli agar bisa mendapatkan domain yang diinginkan dengan harga terjangkau.

  1. Registrasi Domain yang Dipilih

Kalau sudah membayar domain, langkah selanjutnya registrasikan domain yang sudah dipilih. Penuhi syarat-syarat yang ditentukan agar domain bisa segera diregistrasikan. Isi semua persyaratan yang diminta dengan benar dan detail.

Kepemilikan domain biasanya disebut dengan WHOIS. Setelah semua tersimpan, tunggu sampai domain selesai didaftarkan. Cek pemberitahuan email untuk melakukan konfirmasi mengenai detail dari perubahan yang ditampilkan pada database WHOIS.

5. Verifikasi Kepemilikan Nama Domain

Nah, cara terakhir beli domain Indonesia yaitu melakukan verifikasi. Saat melakukan registrasi, pembeli akan memasukkan alamat email yang didaftarkan. Melalui alamat email inilah pembeli akan melakukan verifikasi kepemilikan nama domainnya.

Umumnya email verifikasi akan masuk ke inbox email beberapa menit setelah selesai registrasi. Sebaiknya segera melakukan verifikasi apabila emailnya sudah masuk ke inbox. Jika ditunda, domain biasanya akan ditangguhkan dulu untuk sementara waktu.

Daftar Harga Domain di Indonesia

Bagi yang awam banget tentang domain, penting untuk mencari informasi sebanyak mungkin. Tujuannya tentu agar dapat melihat kredbilitas dari registrar yang digunakan. Selain itu, biasanya terdapat harga penawaran yang sangat terjangkau.

Jadi, tidak perlu merogoh kocek yang dalam untuk bisa mendapatkan nama domain website, Umumnya, beli domain Indonesia menawarkan harga mulai dari Rp 10.000 sampai jutaan. Harga yang ditawarkan berlaku untuk pembelian di tahun pertama.

Biasanya domain my.id dibanderol dengan harga Rp 10.000 per tahunnya. Untuk domain .or.id, .ac.id., .biz.id.,.web.id. dibanderol dengan harga Rp 48.700 per tahun Sementara harga domain .id sekitar Rp 180.000 dan domain .co.id sekitar Rp 270.000.

Domain .com dihargai sekitar Rp 128.255 per tahunnya. Daftar harga domain ini, mungkin akan berubah setiap tahunnya. Itu semua tergantung dari kebijakan yang telah  diberlakukan oleh jasanya.

Keuntungan Menggunakan Domain Untuk Website

Sebelum memutuskan menggunakan domain, pastinya para milenial dan generasi Z akan mencari tahu tentang kelebihan dari penggunaan domain. Berikut ini keuntungan yang akan didapatkan jika menggunakan domain:

  1. Lebih Mudah Diakses

Keuntungn menggunakan nama domain pastinya lebih mudah mengakses website. Selain harganya yang murah, domain juga mudah diakses sehingga postingan diwebsite-nya banyak dilihat orang. Aksesnya pun jauh lebih cepat jika menggunakan domain.

  1. Mendeskripsikan Pemilik omain

Jika mempunyai nama domain yang unik dan berbeda dari website lain, pastinya lebih menarik perhatian. Apalagi kalau domain yang digunakan mendeskripsikan pemilik website yang dikunjunginya.

  1. Lebih Terlihat Profesional

Mempunyai nama domain sendiri sudah pasti akan terlihat lebih profesional. Bahkan, terlihat lebih bersemangat dalam mengembangkan usaha yang sedang dijalankan. Hal ini karena, nama domain didapatkan tidak gratis alias berbayar.

Melalui nama domain inilah, website dan juga pemilikny akan terlihat lebih profesional. Dengan beli domain murah Indonesia, maka nama domain impian pun akan sangat mungkin untuk didapatkan. Jadi, traffic pada website akan semakin meningkat.

Itulah uraian lengkap mengenai beli domain Indonesia yang wajib diketahui sebelum memilih untuk menggunakan domain. Jika dilihat, penggunaan domain jauh lebih mudah daripada penggunaan IP address. Bahkan, keuntungannya lebih terlihat.

Dengan menggunakan domain, maka website akan mudah diingan dan dihafal oleh pengunjung. Jadi, kemungkinan besar traffic website akan  terus meningkat. Jika traffic meningkat, maka website akan muncul dihalaman pertama dan banyak pengunjungnya.

Tinggalkan Komentar

Iklan