AMD Ryzen 9 3900x Prosesor dengan Performa Kencang dan Optimal – Ryzen 9 3900X adalah sebuah nama kode Matisse yang menggunakan arsitektur baru dari seri AMD, yaitu Zen 2. Ryzen 9 3900X ini adalah sebuah prosesor pertama yang adanya dengan 12 inti yang buat untuk sebuah desktop, bukan hanya untuk pada gunakan untuk server. Dan tentunya, satu inti telah memiliki dua thread, sehingga akan dapat membuat prosesor ini memiliki total 24 threads secara total.

Dengan menggunakan lebih banyak inti dan threads, AMD ternyata juga telah mampu membuat TDP yang miliki oleh prosesor ini sehingga sama dengan sang pendahulunya, Ryzen 7 dengan 2700X, yaitu pada 105 watt. Dengan ini bisa jadi AMD sudah menemukan cara untuk membuat chip yang mereka produksi untuk menjadi lebih hemat. Hal tersebut juga tentu saja telah mewujudkan proses pabrikasi 7 nm yang telah gunakan sebelumnya.

TRENDING:  Terlengkap, Cara Cek Nomor Axis Sendiri Terbaru 2022

Arsitektur

Melihat arsitektur Zen 2, AMD jenis ini telah memiliki desain chip yang berbeda dari sebelumnya. Seperti halnya pada Ryzen 9 3900X, saat ini tentunya sudah tidak terdiri dari satu chip saja, tetapi ada tiga buah cip pada paket prosesornya. Dua Core Complex Design atau CCD. CCD ada sekumpulan Core Complex (CCX) atau yang sering sebut sebagai inti prosesor loh ya.

AMD juga mengklaim lubang keamanan yang telah melanda prosesor mereka belakangan ini. Spectre atau Lockdown yang selalu diantisipasi oleh para pengguna komputer, ternyata sudah dibenahi dari sisi hardware-nya oleh AMD. Oleh karena itu, tidak akan ada lagi patch yang bisa membuat kinerja atau kekuatannya turun di masa depan karena lubang keamanan ini sudah diketahui.

Hal ini memungkinkan bahwa semua prosesor pada keluarga Ryzen 3000 sudah mendukung konfigurasi dual channel dengan kecepatan clock 3200MT/s. Namun, jika kita menggunakan teknologi DDR4, prosesor ini sudah akan menggunakan multipilier 2:1 yang kemungkinan bisa memiliki efek pada kecepatan CCX-nya.

TRENDING:  Harga dan Spesifikasi Laptop Asus x441m Terbaru

Spesifikasi AMD Ryzen 9 3900X adalah sebagai berikut

L3 Cache = 64 MB
Kecepatan RAM = DDR4 3200
Socket = AM4
Pabrikasi = 7nm
Core / Thread = 12 / 24
TDP = 105W
Clock = 3.8 GHz
Arsitektur = Matisse
Turbo Boost = 4.6 GHz

AMD telah menjawab tantangan dari Intel yang sudah memiliki prosesor Core i9 9900K yang sangat kencang dan baik dalam menjalankan banyak aplikasi dengan Ryzen 9 3900X ini. Meskipun core i9 ini memang masih menggunakan 14nm++, tetapi memang jika bandingkan dengan prosesor dari Intel ini masih memiliki kinerja yang tinggi dan TDP yang lebih sedikit dan lebih rendah.
Ryzen 9 3900X bukan merupakan sebuah APU. Hal ini memang buktikan bahwa Ryzen 3900X yang tidak memiliki grafis yang terintegrasi. Oleh karena itu, hindari untuk membeli prosesor ini jika belum memiliki kartu grafis terpisah.
Pengujian kali ini menggunakan PUBG PC yang memiliki spesifikasi sebagai berikut:

PSU nya ada Corsair CX600 600 Watt
Monitornya ada BenQ Zowie XL2411P
Prosesornya ada AMD Ryzen 9 3900X
Graphics Cardnya ada AMD Radeon RX 5700 XT 8GB
Motherboardnya ada ASRock Taichi X570
Casenya ada NZXT PUBG H700 Limited Edition
HSFnya ada NZXT Kraken X72 AIO 360mm

Ada satu hal yang juga ketinggalan, yaitu bahwa Ryzen 9 3900X juga memiliki feature yang baru, yaitu PCI express generasi. Setelah sempat ingatkan kembali bahwa Ryzen yang terbaru adalah jenis pertama yang mengusung PCI express baru tersebut. Hasilnya pun bagus setelah melihat hasil pengujiannya.

Iklan