Advertisements
jenis processor intel terbaru

Jenis Processor Intel Yang Perlu Kamu Ketahui

PORTABS.COM – Jenis processor intel – Memang sekarang ini yang paling utama dari perangkat keras utama yang berperan penting dalam perangkat elektronik sejenis komputer dan turunannya adalah processor. Berikut ini terdapat penjelasan beberapa jenis prosesor dari Intel.

Ada 7 Jenis Processor Intel

Intel Atom

Penggunaan jenis intel atom ini sangat mampu untuk bekerja dan berada pada perangkat lunak portable, hal ini karena Atom adalah prosesor dengan konsumsi daya rendah dan mengedepankan masa pakai baterai. Dengan kata lain, konsumsi daya baterai lebih penting daripada daya pemrosesan.

Prosesor yang memiliki kecepatan proses data 1,6 ghz dengan jumlah pin 437 ini tampaknya tidak fokus pada kinerja. Hal ini berakibat pada hasil benchmark Intel Atom yang lebih rendah bandingkan dengan prosesor yang garap untuk pengaplikasian pada laptop dan desktop.

TRENDING:  AMD Ryzen 9 3900x Prosesor dengan Performa Kencang dan Optimal

Terdapat beberapa sub-jenis dari prosessor Intel Atom antara lain yaitu procesor intel atom yang memiliki N designator dan Z designator

Intel Celeron

Intel Celeron ini adalah termasuk salah satu jenis prosesor yang bisa diandalkan untuk PC/laptop tingkat pemula atau kelas bawah yang biasanya digunakan untuk mengetik yang ringan.

Prosesor jenis ini umumnya gunakan untuk komputasi dasar dan kegiatan web. Prosesor rancangan Intel Corporation ini hanya memiliki satu core atau inti yang juga sebut single core.

Intel Celeron ini bisa menjadi pilihan yang bagus dan juga pertimbangan yang penting loh, kenapa ? karena harganya lebih murah, lebih mudah dingin sehingga tidak cepat rusak, dan lebih menghemat listrik karena beban kinerjanya yang ringan.

Akan tetapi, prosesor ini tidak cocok ketika gunakan untuk bermain games yang berat dan akan menjadi lebih lambat bila sandingkan dengan Dual Core.

TRENDING:  Mengetahui Merek Komputer Penting Sebelum Membeli

Intel Pentium

Pentium merupakan salah satu Prosesor intel yang mungkin sudah tidak asing. Prosesor ini juga ciptakan untuk merebut posisi-posisi pertama bandingkan dari saingannya, seperti AMD dan Cyrix. sejumlah generasi prosesor yang berbeda.

Intel Core i3

Prosesor Intel Core i3 ini memang sudah memiliki dua jenis arsitektur yaitu CPU 32-bit dan 64-bit, tetapi masih tergantung dari variannya.

jenis processor intel selanjutnya adalah :

Intel Core i5

Prosesor Intel Core i5 ini merupakan jenis prosesor yang tingkat kinerja menengah dalam varian Intel Core. Intel Corei5 ini memang sangat bekerja pada dua arsitektur yaitu 64-bit dan 32-bit loh, tergantung variannya. Core i5 ini memang rupanya memiliki fitur dan kualitas yang baru, yaitu adanya intel menanamkan fungsi Northbridge atau yang juga kenal dengan sebutan KIA pada motherboard loh.

Intel Core i7

Kamu ingin tau intel core i7 ? bahwa Prosesor Intel Core i7 ini memang sudah sangat kembangkan dengan menggunakan transistor bermaterial hafnium dioxide (high-k) dan bermetal gate dengan fabrikasi 45nm.

TRENDING:  Kamera DSLR Murah Dibawah 3 Juta Kualitas Terbaik 2022

Sejauh ini memang Intel Core i7 ini menjadi salah satu dari sejumlah prosesor buatan Intel yang sudah rancang dengan arsitektur yang baru dan dapat sandingkan dengan generasi sebelumnya.

jenis processor intel selanjutnya adalah :

Intel Core i9

Intel mengenalkan seri prosesor terbarunya yaitu Core i9 pada tahun 2017. Klaim ini bukan tanpa sebab, Intel Core i9 telah tanam dengan teknologi baru yaitu turbo boost setiap chip-nya.
Melalui turbo boost ini, maka kinerja prosesor akan naikan levelnya dengan cara meningkatkan frekuensi dalam core yang dapat perintahkan secara otomatis.

Nah, itu adalah beberapa informasi mengenai prosesor dari Intel. Informasi atas bisa loh menjadi acuanmu untuk memilih komputer atau laptop sehingga bisa menyesuaikan dengan kebutuhanmu.