Laptop/PC kebanyakan hadir dengan kualitas kamera yang speknya tidak tinggi. Hal ini tentu dikarenakan Laptop/PC tidak difokuskan untuk fotografi. Namun di masa yang mengharuskan banyak melakukan pertemuan daring, pasti tetap ingin tampil menarik bukan? Karenanya, gunakan 5 cara membuat Android menjadi webcam yang bisa dilakukan dengan aplikasi tambahan di bawah ini:

Berikut Cara Membuat Android Menjadi Webcam

1. Menggunakan Aplikasi Droidcam

Yang pertama adalah menggunakan aplikasi webcam tambahan bernama Droidcam. Aplikasi ini akan berfungsi sebagai penghubung ponsel Android sebagai kamera PC/Laptop. Dengan aplikasi ini, pengguna bisa mengatasi masalah kamera bawaan PC yang buram. Pengguna bisa mendapatkan dan menginstal aplikasi ini di layanan penyedia aplikasi Play Store.

Cara menghubungkannya pun cukup mudah. Setelah aplikasi Droidcam terinstal di ponsel, lanjutkan proses penyambungan. Sambungan ini memanfaatkan koneksi jaringan Wi-Fi. Sambungkan ponsel dan PC pada satu jaringan yang sama. Setelahnya, sambungkan kabel USB, masukkan alamat IP, dan ponsel siap digunakan sebagai webcam.

2. Menggunakan Aplikasi iVCam

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan aplikasi iVCam. Aplikasi ini juga berperan sebagai perantara penghubung kamera ponsel dan PC. Aplikasi iVCam menawarkan banyak opsi penghubungan. Pengguna bisa memulai koneksi dengan Wi-Fi, dengan kabel USB, bahkan dengan menggunakan koneksi Bluetooth.

Pengguna bisa mendapatkan aplikasi ini seperti menginstal aplikasi pada umumnya melalui penyedia layanan aplikasi. Setelahnya lakukan penghubungan dan konfigurasi yang dibutuhkan sesuai dengan jenis koneksi yang dipilih. Selain berfungsi untuk Konferensi Video, pengguna juga bisa menggunakannya ketika akan merekam video melalui PC.

3. Menggunakan Aplikasi IP Webcam

Di nomor tiga pada daftar cara membuat Android menjadi webcam ini adalah menggunakan aplikasi IP Webcam. Cara kerjanya tidak jauh berbeda dengan kedua aplikasi sebelumnya. Pengguna perlu menghubungkan PC dan ponsel Android dalam satu jaringan Wi-Fi. Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, pengguna perlu menginstal IP Webcam di ponsel Android beserta IP Camera Adapter di PC.

TRENDING:  Aplikasi Pengubah Nada Dering WA Sebut Nama Pengirim Pesan

Setelah aplikasi terpasang di kedua perangkat baik PC maupun ponsel Android, saatnya masuk ke pengaturan. Dalam aplikasi, akan ditemukan menu ‘Video Preferences’, lalu pilih ‘Start Server’. Lalu masukkan IP yang diberikan oleh aplikasi pada PC. Setelahnya, kamera ponsel akan langsung bisa difungsikan menjadi webcam bahkan tanpa memerlukan kabel.

4. Menggunakan Aplikasi Iriun 4K Webcam

Cara selanjutnya adalah menghubungkan ponsel secara nirkabel dengan aplikasi Iriun 4K Webcam. Aplikasi ini tidak hanya bisa menghubungkan Android dengan HP saja. Iriun juga bisa menjadi penghubung ponsel dengan perangkat Mac. Cara menghubungkan dan menggunakannya pun sangat mudah sehingga pengguna tidak perlu khawatir.

Cukup instal aplikasi Irium 4K Webcam di ponsel. Jangan lupa instal aplikasi klien di PC/Mac. Aplikasi ini juga mengandalkan koneksi Wi-Fi sehingga posisikan ponsel dan PC/Mac dalam satu jaringan Wi-Fi yang sama. Jangan lupa berikan izin akses kamera dan mikrofon pada aplikasi Iriun. Tujuannya tentu agar gambar dan suara pengguna bisa tertangkap.

5. Menggunakan Aplikasi Epoccam

Yang terakhir adalah menghubungkan ponsel Android dan PC menggunakan aplikasi Epoccam. Sama seperti aplikasi-aplikasi sebelumnya, aplikasi Epoccam membantu pengguna menjadikan ponsel Androidnya sebagai webcam. Aplikasi ini akan membantu pengguna untuk mendapatkan tampilan video konferensi yang jernih.

Cara menghubungkannya pun tak jauh berbeda dengan yang sebelumnya. Cukup instal aplikasi Epoccam pada ponsel yang akan dijadikan webcam. Setelahnya koneksikan melalui alamat IP di sambungan Wi-Fi yang sama.

Itulah 5 cara membuat Android menjadi webcam yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Cara-cara di atas menggunakan aplikasi yang tidak sulit ditemukan. Hal ini tentu memudahkan pengguna saat akan menggunakannya bukan? Dengan satu aplikasi, konferensi video bisa memunculkan tampilan yang sangat jernih.

 

Iklan