Advertisements
Advertisements
Tips Menjadi Konten Kreator TikTok

Tips Menjadi Konten Kreator TikTok: Tutorial Mengedit Video TikTok dari Galeri

Advertisements

Konten kreator merupakan salah satu pekerjaan yang banyak mencuat di era digital sekarang ini. Konten kreator sendiri dapat dikategorikan berdasarkan platform yang digunakan, seperti TikTok sebagai salah satunya. Untuk selengkapnya, cari tahu tutorial mengedit video tiktok dari galeri HP untuk menjadi konten kreator di bawah ini.

Apa itu TikTok?

TikTok adalah sebuah media sosial dengan platform utamanya berupa video dan musik. TikTok aplikasi besutan ByteDance asal negeri China. Dirintis sejak tahun 2016, kini TikTok merajai puncak klasemen social media yang paling banyak digunakan dengan total 1 miliar pengguna.

TRENDING:  5 Cara agar Mendapatkan Endorser di TikTok yang Berkualitas untuk Bisnis

TikTok awalnya digunakan sebagai sarana hiburan. Namun, dewasa ini TikTok menjadi wadah edukasi hingga menjadi tempat mencari pendapatan. Apakah anda berminat bermain TikTok? Yuk simak tutorial mengedit video TikTok dari galeri untuk menjadi konten FYP.

Tutorial Mengedit Video TikTok dari Galeri

1.    Download Aplikasi dan Buat Akun

Anda dapat mengunduh aplikasi TikTok terlebih dahulu. Kemudian buatlah akun untuk bisa mengakses ke halaman utama TikTok. Jangan lupa untuk mengaktivasi akun melalui link yang dikirimkan ke email yang anda daftarkan,

Advertisements

2.    Pastikan Bahan Video Konten Tersedia

Anda dapat membuat video TikTok dengan merekam secara langsung ataupun menggunakan video galeri. Tidak ada ketentuan baku apakah lebih baik dari galeri atau merekam langsung. Yang paling penting, bahan video untuk kontennya tersedia.

3.    Buka Menu Edit Video

Ketika anda pertama kali masuk ke halaman utama TikTok anda akan langsung disuguhkan video-video FYP yang sesuai dengan preferensi anda. Selanjutnya, anda hanya perlu memencet simbol ’+‘ yang berada pada bagian bawah tengah layar ponsel anda.

TRENDING:  Cara Agar Video TikTok Lebih dari 1 Menit, Dijamin Mudah!

4.    Pilih Video dari Galeri Anda

Tutorial mengedit video TikTok dari galeri selanjutnya, pilih video. Lihat bagian bawah kanan halaman. Terdapat tombol unggah dengan gambar-gambar dari galeri anda. Klik.

Lalu pilihlah foto-foto atau video yang akan anda jadikan konten video TikTok. Usahakan pilih foto dan video yang memiliki format sama. Hindari penggunaan format landscape dan portrait secara bersamaan dalam satu video untuk menghindari penurunan kualitas video.

Advertisements

Anda dapat memilih beberapa foto dan video secara sekaligus. Nantinya anda juga bisa mengatur atau memilih part video mana saja yang akan digunakan. Preferensi urutan video juga dapat anda geser-geser. Hal ini tentu akan mempercepat anda dalam menyusun alur video.

5.    Masukan Suara Pendukung

Setelah selesai menyusun alur video, kini saatnya anda bermain dengan musik. Pilihlah musik pendukung untuk memperkuat suasana yang ingin anda tonjolkan dari video tersebut. Buatlah transisi gambar sesuai dengan tempo musik yang digunakan.

TRENDING:  Wajib Tahu! Cara Memulihkan Akun TikTok Pakai Instagram

Jika anda merasa kesulitan untuk menyesuaikan transisi video dan tempo lagu, TikTok menyediakan fitur automatic sync. TikTok akan memunculkan rekomendasi editan final langsung upload. Jadi tidak usah khawatir untuk repot-repot mengedit video dengan musik.

6.    Tambahkan Atribut yang Diperlukan

Pada halaman selanjutnya, anda diperkenankan untuk memilih beberapa atribut. Contoh seperti filter, sticker, hingga tulisan. Atribut ini bersifat optional. Anda dapat menggunakannya jika merasa membutuhkan.

7.    Tentukan Caption, Tagar, dan Tandai Orang

Buatlah caption yang menarik dan sesuai dengan konten video anda. Jangan lupa gunakan tagar untuk menjaring audience yang memang sedang membutuhkan konten-konten anda. Terakhir, tidak ada salahnya menandai seseorang yang terlibat atau berjasa pada konten video yang anda buat. Yang terakhir, klik tombol posting.

Selesai deh, tutorial mengedit video TikTok dari galeri. Sangat mudah bukan? Yuk, langsung coba aja biar ilmunya makin yakin. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda ya.

Advertisements

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

    konten kreator tiktok