Advertisements

Twibbon Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriyah

Advertisements

1 Muharram 1444 H akan datang sebentar lagi, yang menurut perhitungan, bertepatan dengan 30 Juli 2022 M. Bagi masyarakat pada umumnya, dan umat muslim secara khusus, tahun baru ini memiliki kesan tersendiri dalam merayakannya. Selain dengan memanjatkan doa awal dan akhir tahun, pada masa sekarang ini banyak yang merayakannya dengan saling berkirim twibbon tahun baru Islam.

Sebelum melangkah untuk menyelami tata cara membuat twibbon kartu ucapan selamat tahun baru Islam 1444 H, ada baiknya teman-teman berkenalan dengan sejarah singkatnya terlebih dahulu.

Sejarah Tahun Baru Islam

Pada umumnya, hari-hari besar di dalam agama Islam dirayakan menurut perhitungan lunar system atau kalender qamariyah. Perhitungan ini merujuk pada revolusi bulan dalam mengitari bumi. Di kemudian hari, perhitungan semacam ini dikenal dengan Tahun Hijriyah.

Jika kita menengok sejarah, kita akan menemukan bahwa penetapan penggunaan kalender Hijriyah pertama kali dicetuskan oleh Sahabat Umar bin Al Khattab r.a. Beliau menetapkan tahun 1 Hijriyah pada peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Madinah yang pada waktu itu masih bernama Yatsrib.

Peristiwa hijrah tersebut, menurut para ahli sejarah, terjadi sekitar pada 16 Juli 622 M. Itulah mengapa antara tahun Hijriyah dan tahun Masehi memiliki paut waktu. Di samping itu, setiap satu tahun akan ada paut 11 hari antara kedua jenis tahun tersebut. Apabila tahun Masehi berjumlah 365 hari, maka tahun Hijriyah berjumlah 354 hari. Dengan demikian, per satu abad akan ada jarak 3 tahun.

Pada tahun ini, tahun Hijriyah telah merujuk pada angka 1444 H yang bertepatan dengan tahun Masehi 2022 M. Memang sudah menjadi tradisi kalau setiap pergantian tahun akan ada sebuah perayaan.

Sekarang sudah zamannya twibbon sebagai sarana berkirim pesan ucapan selamat tahun baru. Maka, bisa dipastikan banyak di antara teman-teman yang sedang berusaha menemukan twibbon tahun baru Hijriyah 1444. Untuk itu, berikut adalah cara membuatnya secara online.

Jika tidak mau repot-repot  membuat Twibbon Tahun Baru Islam 1444 Hijriyah atau 1 Muharram 1444 H. Silahkan ambil >> Twibbon Tahun Baru Islam 2022 atau 1 Muharram 1444 H DI SINI

Cara Membuat Twibbon Tahun Baru Islam

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa teman-teman lakukan untuk membuat twibbon, terlebih bagi teman-teman yang ingin membuat twibbon tahun baru Islam untuk status WA atau Instatsory.

Kalau gak mau repot silahkan langsung ambil twibbonize Tahun Baru Islam di bawah ini

  1. Buka laman https://www.twibbonize.com/ atau silahkan ambil [DI SINI]
  2. Setelah itu akan muncul desain-desain twibbon di halaman utama. Pilih desain yang diinginkan.
  3. Apabila tidak ada yang cocok, teman-teman bisa mencarinya di kolom pencarian.
  4. Setelah memilih desain yang cocok, pencet tombol foto yang ada di bawah desain. Pilih foto yang diinginkan.
  5. Atur ukuran ataupun posisi foto.
  6. Jika dirasa sudah pas, silakan langsung saja didownload.
  7. Twibbon pun siap untuk diluncurkan.

Demikianlah cara membuat twibbon tahun baru hijriah 2022 yang bisa teman-teman lakukan untuk memeriahkan acara pergantian tahun.