Advertisements

Investasi Vs Trading Saham, Mana yang Lebih Baik ? Simak Penjelasannya Disini

Advertisements

IDTOPIK.COM – Saat ini cukup banyak kalangan yang menilai bahwa saham bisa memberikan keuntungan dari segi finansial. Untuk mendapat keuntungan tersebut, Anda bisa memilih antara melakukan investasi saham atau trading saham.

Meski dinilai bisa memberikan keuntungan yang besar, namun masih banyak kalangan pemula yang bingung memilih antara investasi dan trading. Mana yang lebih baik dipilih ?

Memilih yang Terbaik Antara Trading Saham Dan Investasi Saham

Pada dasarnya baik trading saham maupun investasi memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Agar dapat mengetahui mana yang lebih baik untuk Anda pilih, Anda harus melakukan analisa terlebih dahulu untuk memahami keduanya. Agar Anda tidak salah memilih produk baik trading maupun investasi, penting untuk memperhatikan beberapa hal berikut ini :

Tentukan Tujuan

Langkah pertama untuk mengetahui mana yang lebih baik untuk dipilih antara investasi dan trading adalah menentukan tujuan Anda terlebih dahulu. Anda harus memahami terlebih dahulu apa tujuan Anda memiliki saham. Apakah Anda ingin menumbuhkan aset Anda untuk beberapa tahun ke depan atau apakah Anda ingin mendapatkan keuntungan secepatnya dari saham yang Anda miliki.

TRENDING:  Investasi Syariah: Hukum, Keunggulan dan Jenis-jenisnya

Jika tujuan Anda adalah membangun aset dan menyimpannya untuk beberapa tahun ke depan maka Anda bisa memilih berinvestasi saham. Namun jika Anda ingin mendapatkan keuntungan secara cepat dengan membeli dan menjual saham, maka lebih baik jika Anda melakukan trading saham.

Trading Saham Wajib Diawasi Sementara Investasi Tidak

Selain dari segi tujuan, perlu Anda pahami bahwa trading perlu dilakukan dengan kehadiran penuh. Artinya Anda harus mengawasi transaksi trading yang Anda lakukan untuk mengetahui fluktuasi saham yang dimiliki dan mengambil langkah stop loss untuk menghindari kerugian di waktu yang tepat.

TRENDING:  Wajib Tahu! Hukum Asuransi Menurut Islam

Hal ini berbeda dengan investasi saham, saat berinvestasi Anda hanya perlu memilih saham yang tepat kemudian membelinya dan membiarkannya untuk beberapa waktu ke depan. Anda tidak perlu mengawasinya sepanjang waktu seperti trading saham karena fluktuasi saham dalam jangka pendek yang terjadi tidak akan berpengaruh terhadap hasil investasi saham Anda.

Anda bisa mempertimbangkan mana yang cocok dengan Anda, apakah Anda bisa mengawasi pasar saham sepanjang waktu ? Jika iya maka trading akan cocok dengan Anda, namun jika tidak maka akan lebih baik jika Anda memilih investasi saham.

Perbedaan Keuntungan

Saat membahas perbedaan trading saham dan investasi saham, mayoritas akan fokus pada strategi, tujuan, dan jangka waktu keduanya. Namun sebagai pemula, Anda perlu menyadari terlebih dahulu bahwa salah satu perbedaan yang ada diantara keduanya adalah keuntungan yang akan Anda peroleh.

TRENDING:  Bagaimana Hukum Investasi Dalam Islam? Ini Penjelasannya

Saat memilih investasi, Anda bisa mendapat beberapa keuntungan diantaranya capital gain dan dividen. Jika Anda memilih trading, maka peluang keuntungan yang akan Anda peroleh hanya berasal dari capital gain atau selisih antara harga beli dan harga jual saham yang dimiliki. Anda akan mendapatkan keuntungan hanya jika harga jual saham yang dimiliki lebih tinggi dari harga belinya.

Itulah 3 hal yang penting untuk diperhatikan saat Anda sedang mempertimbangkan antara investasi saham dan trading saham. Jika muncul pertanyaan mana yang lebih baik diantara keduanya ? Jawabannya adalah tergantung pada diri Anda sendiri.

Penting untuk menganalisa terlebih dahulu tujuan Anda melakukan trading atau investasi, kemudian Anda harus menganalisa dan mengenali kedua hal tersebut dengan lebih dalam. Jangan gegabah memilih jika Anda belum merasa yakin dengan pilihan Anda.

Trading saham dan investasi bisa memberikan keuntungan jika Anda melakukannya dengan strategi yang tepat. Untuk itu, kenalilah dahulu dan lakukan analisa untuk menemukan cara yang tepat untuk menumbuhkan aset Anda dan memperoleh keuntungan yang maksimal.