Hello Friend, apakah kamu sering merasakan perih pada ulu hati atau mual setelah makan? Kemungkinan besar itu disebabkan oleh asam lambung yang naik. Tidak perlu khawatir, ada beberapa cara alami yang bisa kamu lakukan untuk mengobati asam lambung naik. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Penyebab Asam Lambung Naik

Sebelum membahas cara mengobati asam lambung naik, penting untuk mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Beberapa penyebab asam lambung naik adalah:

Penyebab Penjelasan
Makanan Pedas Makanan yang pedas dapat merangsang produksi asam lambung, sehingga seringkali menjadi penyebab asam lambung naik.
Makanan Asam Makanan yang asam juga dapat merangsang produksi asam lambung, sehingga sebaiknya dihindari oleh penderita asam lambung.
Kurang Tidur Kurang tidur dapat memicu stres, yang mana dapat merangsang produksi asam lambung.
Konsumsi Alkohol Alkohol dapat merusak lapisan lambung, sehingga meningkatkan risiko terjadinya asam lambung naik.
TRENDING:  Cara Menanggulangi Asam Lambung

Cara Mengobati Asam Lambung Naik Secara Alami

Berikut adalah beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk mengobati asam lambung naik:

1. Minum Air Putih

Minum air putih dapat membantu menetralkan asam lambung yang naik. Sebaiknya minum air putih dalam jumlah yang cukup, yaitu sekitar 8-10 gelas per hari.

2. Mengonsumsi Pisang

Pisang merupakan buah yang mengandung kalium dan serat, sehingga dapat membantu menetralkan asam lambung yang naik. Sebaiknya mengonsumsi pisang saat perut kosong atau setelah makan.

3. Mengunyah Permen Karet

Mengunyah permen karet dapat merangsang produksi air liur, yang mana dapat membantu menetralkan asam lambung yang naik. Namun, sebaiknya pilih permen karet yang bebas gula.

4. Mengonsumsi Jahe

Jahe mengandung senyawa anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan pada lambung akibat asam lambung naik. Sebaiknya mengonsumsi jahe dalam bentuk teh atau jus.

TRENDING:  Obat Asam Lambung GERD Alami

5. Menghindari Makanan yang Menyebabkan Asam Lambung Naik

Menghindari makanan yang menyebabkan asam lambung naik seperti makanan pedas, asam, dan berlemak dapat membantu mengurangi risiko terjadinya asam lambung naik.

Kesimpulan

Asam lambung naik dapat menyebabkan perih pada ulu hati atau mual setelah makan. Penyebabnya bermacam-macam seperti makanan pedas, asam, kurang tidur, dan konsumsi alkohol. Namun, ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk mengobati asam lambung naik seperti minum air putih, mengonsumsi pisang, mengunyah permen karet, mengonsumsi jahe, dan menghindari makanan yang menyebabkan asam lambung naik.

Saran

Sebaiknya, jika kamu sering mengalami asam lambung naik, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Jangan lupa untuk selalu menjaga pola makan yang sehat dan menghindari stres yang berlebihan.

TRENDING:  Cara Menghilangkan Sesak Asam Lambung

FAQ

1. Apakah asam lambung naik berbahaya?

Asam lambung naik dapat menyebabkan perih pada ulu hati atau mual setelah makan. Namun, jika dibiarkan terus menerus, dapat menyebabkan komplikasi seperti radang lambung atau GERD.

2. Apa saja makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam lambung?

Makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam lambung adalah makanan pedas, asam, berlemak, kopi, teh, dan minuman beralkohol.

3. Apakah perlu minum obat untuk mengobati asam lambung naik?

Jika asam lambung naik terjadi secara sporadis, sebaiknya menghindari makanan yang menyebabkan asam lambung naik atau melakukan cara alami yang telah disebutkan. Namun, jika terjadi secara terus menerus, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.

Iklan