Hello Friend, apakah kamu sering merasakan sakit tenggorokan yang tidak kunjung sembuh? Salah satu penyebabnya adalah asam lambung yang naik ke esofagus atau kerongkongan. Sakit tenggorokan karena asam lambung bisa membuat aktivitas sehari-hari terganggu. Namun, jangan khawatir karena ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya.

Apa itu Asam Lambung?

Asam lambung adalah cairan yang diproduksi oleh lambung untuk membantu pencernaan makanan. Namun, jika terdapat kelebihan produksi asam lambung atau terjadi gangguan pada katup antara kerongkongan dan lambung, asam lambung bisa naik ke kerongkongan dan menyebabkan sakit tenggorokan atau GERD (Gastroesophageal Reflux Disease).

Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan karena Asam Lambung

1. Hindari Makanan yang Memicu Asam Lambung Tinggi
Makanan yang dapat memicu produksi asam lambung tinggi antara lain makanan pedas, berlemak, kopi, dan minuman beralkohol. Hindari makanan tersebut untuk mengurangi sakit tenggorokan akibat asam lambung.

2. Jangan Makan Terlalu Banyak
Makan terlalu banyak bisa membuat lambung penuh dan memicu naiknya asam lambung ke kerongkongan. Sebaiknya makan dalam porsi kecil dan sering untuk menghindari sakit tenggorokan karena asam lambung.

TRENDING:  Cara Mengatasi Muntah Akibat Asam Lambung

3. Tidur dengan Kepala Lebih Tinggi
Tidur dengan kepala lebih tinggi dari tubuh bisa membantu mencegah naiknya asam lambung ke kerongkongan saat tidur. Kamu bisa menggunakan bantal tambahan atau mengatur posisi tempat tidur menjadi lebih tinggi di bagian kepala.

4. Konsumsi Obat Antasida
Obat antasida bisa membantu meredakan sakit tenggorokan karena asam lambung. Obat ini bekerja dengan cara menetralkan asam lambung yang naik ke kerongkongan. Kamu bisa membeli obat antasida di apotek terdekat.

5. Minum Air Putih yang Banyak
Minum air putih yang banyak bisa membantu mencegah naiknya asam lambung ke kerongkongan. Air putih juga membantu mengurangi iritasi pada tenggorokan akibat asam lambung.

6. Kurangi Stres
Stres bisa memicu produksi asam lambung yang tinggi. Sebaiknya kurangi stres dengan cara melakukan relaksasi seperti yoga atau meditasi.

TRENDING:  Cara Agar Sakit Lambung Cepat Sembuh

7. Konsultasi dengan Dokter
Jika sakit tenggorokan karena asam lambung tidak kunjung sembuh meskipun sudah melakukan beberapa cara di atas, sebaiknya konsultasi dengan dokter. Dokter akan memberikan pengobatan yang sesuai dengan kondisi kamu.

Table: Makanan Memicu Asam Lambung Tinggi

Makanan Penyebab Memicu Asam Lambung Tinggi
Makanan Pedas Meningkatkan produksi asam lambung di dalam lambung
Makanan Berlemak Meningkatkan waktu pencernaan makanan, sehingga memicu naiknya asam lambung
Kopi Meningkatkan produksi asam lambung di dalam lambung
Minuman Beralkohol Meningkatkan produksi asam lambung di dalam lambung

FAQ: Pertanyaan yang Sering Diajukan

1. Apakah sakit tenggorokan karena asam lambung berbahaya?

Sakit tenggorokan karena asam lambung tidak berbahaya, namun bisa membuat tidak nyaman dalam aktivitas sehari-hari.

2. Apa saja gejala sakit tenggorokan karena asam lambung?

Gejala sakit tenggorokan karena asam lambung antara lain nyeri, terasa terbakar, dan sulit menelan.

3. Bagaimana cara mencegah sakit tenggorokan karena asam lambung?

Cara mencegah sakit tenggorokan karena asam lambung antara lain menghindari makanan yang memicu produksi asam lambung tinggi, makan dalam porsi kecil dan sering, dan tidur dengan kepala lebih tinggi dari tubuh.

Kesimpulan

Sakit tenggorokan karena asam lambung bisa diatasi dengan beberapa cara, antara lain menghindari makanan yang memicu produksi asam lambung tinggi, makan dalam porsi kecil dan sering, dan tidur dengan kepala lebih tinggi dari tubuh. Jika sakit tenggorokan tidak kunjung sembuh, sebaiknya konsultasi dengan dokter.

Saran

Untuk mencegah sakit tenggorokan karena asam lambung, sebaiknya menghindari makanan yang memicu produksi asam lambung tinggi dan makan dalam porsi kecil dan sering. Kamu juga bisa mencoba relaksasi seperti yoga atau meditasi untuk mengurangi stres.

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Iklan