Apakah Anda seorang penggemar musik ST 12 dan ingin belajar memainkan lagu mereka yang terkenal, “Putri Iklan”, di gitar? Jika iya, Anda telah datang ke tempat yang tepat! Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang chord gitar ST 12 Putri Iklan, serta tips dan trik untuk memainkannya dengan mudah. Kami akan membahas chord dasar, pola petikan, dan beberapa variasi chord yang bisa Anda coba. Jadi, siapkan gitar Anda dan mari kita mulai!

Chord Dasar “Putri Iklan” oleh ST 12

Sebelum kita mulai mempelajari chord lagu “Putri Iklan” oleh ST 12, mari kita bahas terlebih dahulu chord dasar yang akan digunakan dalam lagu ini. Berikut adalah chord dasar yang perlu Anda ketahui:

Chord Dasar Gitar

  • G = 320003
  • D = xx0232
  • Em = 022000
  • C = x32010
  • Am = x02210

Chord dasar di atas merupakan dasar yang umum digunakan dalam lagu-lagu pop dan rock. Pastikan Anda sudah familiar dengan cara memainkan chord-chord tersebut sebelum melanjutkan ke chord lagu “Putri Iklan”.

Chord “Putri Iklan”

Berikut adalah chord yang digunakan dalam lagu “Putri Iklan” oleh ST 12:

GDEmCPutri iklan yang kau tungguGDEmCTakkan pernah datang padamuGDEmCPutri iklan yang kau pujaGDEmCTakkan pernah bisa kau miliki

Chord di atas menggunakan pola dasar G – D – Em – C yang diulang sepanjang lagu. Pastikan Anda memahami posisi jari-jari yang benar untuk memainkan chord-chord tersebut.

Dengan mempelajari chord dasar dan chord “Putri Iklan”, Anda sudah siap untuk memainkan lagu ini di gitar Anda. Selanjutnya, mari kita bahas pola petikan dan variasi chord yang bisa Anda tambahkan untuk memberikan sentuhan pribadi pada permainan gitar Anda.

Pola Petikan dan Variasi Chord untuk “Putri Iklan”

Selain menggunakan chord dasar, Anda juga dapat memainkan lagu “Putri Iklan” dengan pola petikan yang menarik dan variasi chord yang dapat memperkaya permainan gitar Anda. Mari kita bahas lebih lanjut:

Pola Petikan

Berikut adalah pola petikan yang dapat Anda gunakan untuk memainkan lagu “Putri Iklan”:

e|-------------------------------------|B|-------------------------------------|G|-----------------------0-------------|D|-----0-2-4-2---0-2-4-----4-2---0-----|A|---2---------2-----------------4-2---|E|-0-----------------------------------|

Anda dapat mengulang pola petikan ini sepanjang lagu untuk memberikan variasi pada permainan gitar Anda. Pastikan Anda mengatur ritme dan kecepatan petikan sesuai dengan lagu yang sedang dimainkan.

Variasi Chord

Jika Anda ingin memberikan sentuhan pribadi pada permainan gitar Anda, Anda dapat mencoba variasi chord dalam lagu “Putri Iklan”. Berikut adalah beberapa variasi chord yang dapat Anda coba:

  • Gmaj7 = 320002
  • D/F# = 2×0232
  • Em7 = 022033
  • Cadd9 = x32030

Tambahkan variasi chord ini pada bagian-bagian tertentu dalam lagu untuk memberikan nuansa yang berbeda. Anda dapat mencoba menggantikan chord dasar dengan variasi chord ini pada bagian reff atau bridge lagu.

Dengan menguasai pola petikan dan variasi chord dalam lagu “Putri Iklan”, Anda dapat memberikan sentuhan pribadi pada permainan gitar Anda dan membuatnya terdengar lebih menarik. Jika Anda ingin lebih eksperimen, jangan ragu untuk mencoba berbagai pola petikan dan variasi chord lainnya.

Tips dan Trik untuk Memainkan “Putri Iklan” dengan Lebih Baik

Untuk membantu Anda memainkan lagu “Putri Iklan” dengan lebih baik, berikut adalah beberapa tips dan trik yang bisa Anda terapkan:

1. Latih Keterampilan Memetik

Latih keterampilan memetik dengan menggunakan pola petikan yang tepat. Fokus pada kecepatan dan ketepatan jari-jari Anda saat melakukan petikan. Mulailah dengan kecepatan yang lambat dan tingkatkan secara bertahap.

2. Perhatikan Ritme dan Dinamika

Perhatikan ritme dan dinamika dalam lagu. Pastikan Anda menjaga ketukan yang tepat dan memberikan variasi dalam kekuatan suara gitar Anda. Hal ini akan memberikan nuansa yang lebih menarik pada permainan Anda.

3. Terapkan Transisi Chord yang Lancar

Pastikan transisi antara chord satu ke chord lainnya berjalan dengan lancar. Latih perpindahan jari-jari Anda dengan tepat dan hindari suara tidak diinginkan saat melakukan transisi chord.

4. Eksplorasi Posisi Jari-Jari yang Berbeda

Jangan takut untuk mencoba posisi jari-jari yang berbeda pada fretboard gitar. Eksplorasi variasi posisi jari-jari dapat memberikan warna yang berbeda pada permainan Anda.

5. Dengarkan Rekaman Asli

Dengarkan rekaman asli lagu “Putri Iklan” oleh ST 12 untuk mendapatkan referensi tentang cara memainkan lagu ini dengan benar. Amati teknik dan gaya permainan gitar dalam rekaman tersebut.

Dengan menerapkan tips dan trik di atas, Anda akan dapat memainkan lagu “Putri Iklan” dengan lebih baik dan mendapatkan pengalaman bermain gitar yang lebih menyenangkan. Ingatlah untuk tetap berlatih secara konsisten dan berikan sentuhan pribadi pada permainan Anda.

Rekomendasi Lagu Lain dari ST 12 untuk Dipelajari

Jika Anda sudah menguasai lagu “Putri Iklan” dan ingin mengeksplorasi lebih banyak lagu dari ST 12, berikut adalah beberapa rekomendasi lagu lain yang dapat Anda pelajari:

1. “Puspa”

Lagu ini memiliki chord yang cukup sederhana dan melodi yang indah. Cocok bagi pemula yang ingin mengasah keterampilan bermain gitar.

2. “Saat Terakhir”

Salah satu lagu hits dari ST 12 yang memiliki chord dan pola petikan yang menarik. Cobalah untuk memainkan lagu ini dengan energi yang tinggi.

3. “Cari Pacar Lagi”

Sebuah lagu dengan permainan gitar yang ceria dan lirik yang catchy. Jangan ragu untuk mencoba memainkan lagu ini dan menambahkan variasi chord sesuai dengan gaya bermain Anda.

4. “Aku Terjatuh”

Lagu balada yang populer ini menawarkan tantangan chord dan petikan yang lebih kompleks. Namun, dengan latihan yang konsisten, Anda akan mampu memainkannya dengan baik.

5. “Jangan Pernah Berubah”

Lagu ini memiliki chord yang mudah diikuti dan melodi yang enak didengar. Cocok untuk pemain gitar pemula yang ingin belajar lagu-lagu romantis.

Dengan mempelajari beberapa lagu lain dari ST 12, Anda dapat mengembangkan keterampilan bermain gitar Anda dan memperluas repertoar lagu yang dapat Anda mainkan. Jangan lupa untuk tetap berlatih secara teratur dan menyesuaikan lagu dengan kemampuan dan preferensi musik Anda.

Kesimpulan

Memainkan lagu “Putri Iklan” oleh ST 12 adalah pengalaman yang menyenangkan bagi pecinta musik dan pemain gitar. Dalam artikel ini, kami telah memberikan panduan lengkap mengenai chord dasar, pola petikan, variasi chord, serta tips dan trik untuk memainkan lagu ini dengan lebih baik.

Anda telah belajar tentang chord dasar yang digunakan dalam lagu ini, seperti G, D, Em, C, dan Am. Kami juga telah membagikan pola petikan yang dapat Anda gunakan untuk memberikan variasi pada permainan gitar Anda. Selain itu, kami juga memberikan beberapa variasi chord yang dapat Anda coba untuk memberikan sentuhan pribadi pada permainan Anda.

TRENDING:  Makna Mendalam dalam Lirik Lagu Cinta Luar Biasa: Menyelami Keindahan Asmara

Kami juga memberikan tips dan trik yang berguna untuk memainkan lagu “Putri Iklan” dengan lebih baik, seperti latihan keterampilan memetik, memperhatikan ritme dan dinamika, serta menguasai transisi chord yang lancar. Eksplorasi posisi jari-jari yang berbeda dan dengarkan rekaman asli juga dapat membantu Anda dalam memainkan lagu ini dengan benar.

Terakhir, kami juga merekomendasikan beberapa lagu lain dari ST 12 yang dapat Anda pelajari untuk mengembangkan keterampilan bermain gitar Anda. Beberapa lagu tersebut termasuk “Puspa”, “Saat Terakhir”, “Cari Pacar Lagi”, “Aku Terjatuh”, dan “Jangan Pernah Berubah”.

Dengan mengikuti panduan dan tips yang telah kami berikan, Anda akan dapat meningkatkan kemampuan bermain gitar Anda dan memainkan lagu “Putri Iklan” dengan baik. Tetap berlatih secara konsisten, eksplorasi variasi permainan, dan nikmati proses belajar Anda. Semoga artikel ini memberikan manfaat bagi Anda dan selamat bermain gitar!

Memainkan lagu “Putri Iklan” oleh ST 12 adalah pengalaman yang menyenangkan bagi pemain gitar dan penggemar musik. Dalam artikel ini, kami telah menyajikan panduan lengkap mengenai chord dasar, pola petikan, variasi chord, serta tips dan trik untuk memainkan lagu ini dengan lebih baik. Kami juga merekomendasikan beberapa lagu lain dari ST 12 yang dapat Anda pelajari untuk mengembangkan keterampilan bermain gitar Anda.

Dengan menguasai chord dasar, melatih keterampilan memetik, memperhatikan ritme dan dinamika, serta menguasai transisi chord yang lancar, Anda akan dapat memainkan lagu “Putri Iklan” dengan baik dan memberikan sentuhan pribadi pada permainan gitar Anda. Jangan lupa untuk eksplorasi posisi jari-jari yang berbeda dan mendengarkan rekaman asli untuk mendapatkan referensi yang baik.

Kami berharap bahwa panduan ini telah memberikan manfaat bagi Anda dalam mempelajari dan memainkan lagu “Putri Iklan” serta lagu-lagu lain dari ST 12. Tetaplah berlatih secara konsisten, jangan takut untuk bereksperimen dengan variasi permainan, dan nikmati proses belajar Anda. Semoga Anda dapat mengembangkan kemampuan bermain gitar Anda dengan baik dan menciptakan pengalaman musik yang memuaskan. Selamat bermain gitar!

Iklan