domain dan hosting gratis
domain dan hosting gratis

Cara Membuat Domain Dan Hosting Gratis 2021

IDTOPIK.COM – Bagi pemilik website, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah domain ataupun hosting. Benar sekali keduanya memang saling berkaitan erat. Namun bagaimana cara membuat domain dan hosting gratis?

Tentunya hal ini sangat membantu sekali, apalagi bagi bagi pemula yang ingin mengembangkan websitenya. Domain dan hosting gratis ini perlu dimiliki dalam sebuah website supaya website bisa online dan diakses lewat internet.

Domain ini merupakan nama dari sebuah website (alamat), biasanya diakhirin dengan .com; .id; .net dan lain-lain. Untuk doamain dengan (.id) biasanya dipakai bagi domain regional yaitu Indonesia.

Untuk (.com atau .org) biasanya digunakan sebagai domain internasional. Nah, untuk hosting yaitu merupakan  tempat di mana website tersebut diletakkan. Dengan bantuan hosting nanti, maka website bisa diakses siapa saja melalui jaringan internet.

Platform Domain Dan Hosting Gratis

Untuk mendapatkan domain dan hosting ini biasanya terkendala di dana. Memang harganya juga terbilang tidaklah murah. Lantas bagaimana cara mendapatkan hosting gratis ini? Berikut adalah layanan hosting gratis yang bisa diakses.

TRENDING:  Perbedaan Domain dan Hosting, Lengkap dengan Pengertian dan Definisinya

1.    000webhost

Platform 000webhost memberikan layanan domain dan hosting gratis. Cara membuat domain dan hosting gratis melalui platform ini yaitu dengan mendaftarkan akun. Jangan khawatir, meski gratis, namun fitur yang dimiliki cukup canggih.

000webhost menyediakan fitur Curl, PHP Socket, htaccess dan fitur lainnya. Untuk kapasatis memorinya juga besar yaitu 300 MB dengan 2GB bandwith. Cara membuat domain dan hosting gratis dengan 000webhost yaitu seperti berikut.

·         Membuat Akun Terlebih Dahulu

Sebelumnya harus memiliki akun terlebih dahulu. Akun di sini adalah alamat email aktif yang biasanya digunkan untuk mengakses di mesin pencarian Google. Jika belum punya akun email, maka bisa membuat email terlebih dahulu.

·         Masuk 000webhost

Jika sudah memiliki akun email, maka langsung saja klik “Daftar sekarang”. Nanti akan muncul laman yang harus diisi. Mulai dari alamat email, password dan kolom untuk mengulangi password.

Jika semua kolom tersebut sudah diisi dengan lengkap, maka langsung kli “DAFTAR”. Bisa juga masuk dengan akun lain, missal akun Google atau dengan facebook.

TRENDING:  9 Layanan Dedicated Server Indonesia Murah Terbaik 2021

·         Masuk menu tools

Pada 000webhost masuk pada “tool” kemudian pilih saja mana yang cocok dengan selera. Proses sudah selesai, buatlah website yang kreatif agar menarik pengunjung lainnya. Bisa mencoba fitur-fitur yang ada.

2.    Platform FreeHosting

Cara membuat hosting gratis lainnya yaitu dengan mendaftar di FreesHosting. FreeHosting ini menyediakan paket gratis hosting dan domain sendiri. Kapasitas penyimpanannya lebih besar, memorinya 10GB, untuk bandwithnya jugabtak terbatas satu alamat email saja.

Untuk mengakses MySQL database dan upload website bisa menggunakan tool favorit seperti Dreamweaver, Frontpage dan tools lainnya. Jadi meski gratis fasilitas yang diberika cukup lengkap tentunya.

3.    Platform GoogieHost

Cara membuat domain gratis lainnya bisa dengan menggunakan GoogieHost. Platform ini menawarkan memori penyimpanan sebesar 1000 MB dan sertifikat SSL. GoogieHost juga memberikan unlimited bandwith bagi dua alamat email dan dua akun untuk FTP.

TRENDING:  Rekomendasi 7 Layanan Hosting Murah Indonesia Terbaik

Platform ini juga tanpa iklan 100%, sehingga websitenya nanti bisa dimonetisasi. Selain itu bisa mendapat juga subdomain gratis dan template website. Template website tersebut dapat digunakan untuk mempercantik website.

4.    Platform 5GBFreeHosting

Sesuai dengan namanya 5GBFreeHosting, jadi untuk penyimpanannya juga sebesar 5GB sangat besar. Platform ini juga memberikan bandwithsebesar 20 MB, nantinua jugabisa mendapatkan subdomain gratis, back up tiap minggu dan uptime 99%. Namun platform ini belum bisa untuk email dan masih ada iklannya.

5.    Platform AwardSpace

Cara membuat domain dan hosting gratis lainnya yaitu bisa menggunakan AwardSpace. Platform ini memberikan bandwith dan domain gratis sebesar 5GB, selain itu penyimpanannya 1000MB.

Untuk mengaktivasi akunnya bisa deilakukan dengan instan. Untuk pemogramannya menggunkaan bahasa CSS, PHP dan HTML.  AwardSpace juga tayang tanpa iklan loh.

Cara Membuat Domain Dan Hosting Gratis

Cara membuat domain dan hosting gratis bisamemilih salah satu platform yang sudah disebutkan di tas tadi. Nah tutorial untuk mendaftarkan website dengan hostring dan domain tersebut adalag sebagai berikut.

TRENDING:  Promo Domain Murah Terbaru 2021 Untuk Website Bisnis Anda

1.    Pilih Platform Hosting Gratis

Jika sudah memilih platform penyedia hosting gratis, cara membuat domain dan hosting gratis berikutnya mengisikan nama blog yang dimiliki. Nama blog tersebut adalah sebagai alamat website yang nanti dipakai orang untuk mengunjungi blog tersebut. Jika sudah silahkan klik “Buat situs Web”.

2.    Mengisi Form Untuk Mendaftar

Pada laman tersebut nanti akan muncul kolom-kolom yang harus dilengkapi. Isilah email, username dan password yang nanti digunakan untuk masuk blog. Isilah kolom tersebut dengan benar dan tepat baru klik “Daftar”.

3.    Menggunakan ALamt Email Aktif

Ingat untuk mengisikan alamat email yang aktif pada kolom alamat email. Karena nantinya aka nada konfirmasi pendaftarann yang akan dikirim ke email yang digunakan untuk mendaftar. Jadi jika belum punyta email, bisa dimulai dengan membuatnya terlebih dahulu, misalnya Google, Yahoo dan yang lainnya.

TRENDING:  Rekomendasi Tujuh VPS Linux Murah Terbaru 2021

4.    Memilih Username yang Gampang

Cara membuat domain dan hosting gratis dengan memilih username yang gampang.Pada kolom username gunakan nama yang gampang, missal yang disukai. Agar nanti mudah diingat saat akan membuka blog tersebut.

Apabila nanti ternyata nama yang sudah dibuat tersebut ternyata ditolak, maka gunakan nama username lain hingga disetujui. Karena pada dasarnya memang username atau nama pengguna ini bersifat eksklusif. Jika sudah ada yang memakainya, maka sudah tidak bisa dipakai lagi.

5.    Membuat Password

Cara membuat domain dan hosting gratis selanjutnya dengan membuat password (kata sandi) yang unik. Gunakan kombinasi antara huruf dan juga angka. Namun pastikan yang gampang dan mudah untuk mengingatnya. Karena jika lupa, nbantinya diperlukan langkah-langkah untuk pemulihan password sebelumnya.

TRENDING:  7 Rekomendasi Wordpress Hosting Indonesia Terbaik

6.    Lihat Apakah Nama Blog Disetujui

Cara membuat domain dan hosting gratis selanjutnya dengan memasukkan nama blog pada kolom “ALmat Blog”. NAntinya akan terdapat tanda apakah permintaan nama website atau blog disetujui atau tidak.

Nanti akan muncul tanda centang hijau apabila nama blog disetujui. Namun apabila nanti muncul tanda centang merah, berarti nama blog tersebut tidak disetujui. Nah, jika nama blog tersebut tidak disetujui, mkaa carilah nama blog yang lain hingga disetujui.

7.    Membuat Blog Atau Website

Apabila kolom-kolom tadi sudah lkengkap terisi semua, maka klik saja tombol “Buat Blog”.  Nanti aka nada konfirmasi yang masuk ke email apakah permohonan disetujui atau tidak.

Jika disetujui nanti akan ada petunjuk tema dan template apa yang sesuai dengan blog tersebut. Pastikan memilih template yang sesuai dengan website ya. Hal ini agar nantinya ada pengunjung antara isi website dengan templatenya sesuai dan sinkron.

TRENDING:  Sembilan Web Hosting Gratis Terbaik Untuk Website Anda

Dengan tampilan yang sesuai maka pengunjung juga akan sering merasa cocok dan berlangganan untuk mengikuti website tersebut. Manfaatkan platform tersebut di atas untuk membuat trafik website meningkat

Di atas tadi adalah cara membuat domain dan hosting gratis yang bisa dipilih.. Selagi ada yang gratis apa salahnya memanfaatkannya dengan maksimal. Namun jika memang ingin mendsapatkan fasilitas dan ingin upgrade bisa dengan berlangganan hosting premium.

Tinggalkan Balasan