Advertisements
Cara Menghapus Akun Google
Cara Menghapus Akun Google

Cara Menghapus Akun Google atau Gmail Secara Permanen

Cara Menghapus Akun Google – Bagi kamu yang ingin menghapus akun Google atau Gmail, jangan pusing. Dalam artikel ini, ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan dan tentunya mudah.

Semua data yang berkaitan dengan akun tersebut akan ikut terhapus saat proses penghapusan akun google. Sementara itu, dalam proses penghapusan akun Gmail, hanya alamat dan data email saja yang akan ikut terhapus.
Ikuti beberapa langkah berikut ini untuk dapat menghapus akun Google atau Gmail kamu.

Kunjungi link atau tautan myaccount.google.com

kunjungi melalui aplikasi browsing atau website. Hal ini karena kamu hanya bisa menghapus akun Google melalui aplikasi web.

Klik tombol Sign in jika kamu belum masuk ke akun yang ingin hapus. Tombol ini adalah ada pojok kanan atas halaman ya. Jika sudah masuk ke akun, periksalah kembali akun yang kamu gunakan dan pastikan sudah berada dalam akun yang ingin kamu hapus.

Setelah sign in atau masuk, kamu bisa melihat foto profil akun pojok kanan atas halaman. Gunakanlah untuk melihat/memeriksa akun yang sedang gunakan dengan mengklik foto. Jika ternyata kamu masuk menggunakan akun yang salah, klik “Sign Out” pada menu yangitampilkan untuk keluar dari akun.
Jika kamu sudah akun yang benar, maka langkah ini tidak perlu kamu lakukan

TRENDING:  Cara Membuat TikTok Tulisan yang Bagus dan Mudah

Setelah keluar, masuklah kembali dengan akun yang ingin anda hapus.

Langkah ini tidak perlu kamu ikuti jika sudah masuk dengan menggunakan akun yang benar.

kemudian, klik pilihan ‘Delete your account or services’.
Pilihan ini berada pada bagian bawah “Account preferences” atau ‘referensi akun’ yang ditampilkan di sisi kanan halaman.

Klik ‘Delete Google Account and data’.

Untuk melanjutkan proses penghapusan, kamu mungkin akan minta untuk memasukkan kembali kata sandi akun. Langkah ini lakukan jika kamu diminta untuk masuk kembali ke akunmu.

Periksa kembali konten-konten yang akan ikut terhapus. Selain itu, kamu juga bisa memperhatikan layanan-layanan yang aksesnya akan ikut terhapus.

Jika kamu ingin menyimpan data-data sebelum akun hapus, klik tautan ‘download your data’. Setelah itu, kamu akan pandu untuk mengikuti proses pengunduhan arsip data akun.

TRENDING:  Panduan Lengkap Cara Mengubah TikTok Menjadi Dark Mode

Geser layar dan kamu akan menemukan tanda dua kotak ‘Yes’. Menandai kotak tersebut merupakan satu-satunya langkah konfirmasi yang bisa kamu lakukan untuk menghapus akun.

Klik tombol ‘Delete Account’. Akun kamu akan tandai untuk hapus segera setelah mengklik tombol “Delete Account”. Setelah akun terhapus, kamu akan kehilangan akses ke semua produk Google dan data-data yang terhubung dengan akun tersebut.

Mencoba mengembalikan akun yang sudah terhapus. Jika berubah pikiran atau tidak sengaja menghapus akun, kamu masih punya sedikit waktu untuk mengembalikan akun tersebut. Caranya dengan mengunjungi accounts.google.com/signin/recovery

Cobalah untuk masuk menggunakan informasi login akun yang terhapus.

Setelah itu, kemudian kamu bisa klik tombol “Try to restore account”.

Masukkanlah kata sandi terakhir yang gunakan untuk akun tersebut. Jika kamu mencoba mengembalikan akun sebelum data-data akun terhapus secara permanen, kamu bisa mendapatkan kembali akun tersebut.

Tips & Cara Menghapus Akun Google

Untuk menghindari masuknya email spam, cobalah untuk membuat alamat email baru menggunakan penyedia layanan email yang berbeda dan jangan menggunakan alamat tersebut untuk mendaftar akun apapun. Buatlah alamat email yang lain dan gunakan alamat tersebut untuk membuat akun layanan apapun yang kamu perlukan.

TRENDING:  Terlengkap, Cara Cek Nomor Axis Sendiri Terbaru 2022

Ingatlah jika kamu memiliki perangkat Android dan masih tersinkronisasi atau terhubung dengan akun Gmail yang dihapus, kamu tidak akan bisa mengakses fitur Market atau store karena akunmu telah mengalami perubahan. Kamu harus mengatur ulang perangkat ke pengaturan awal (factory settings) untuk mengautentikasi akun baru supaya layanan tersebut bisa kamu gunakan kembali.

Ketika kamu membuat akun baru di Gmail, buatlah alamat email yang unik. Jika membuat alamat dengan nama yang terlalu ‘pasaran’ misalnya seperti ‘budi(at)gmail.com’, hal bisa memungkinakna kamu akan menerima banyak email spam karena alamat tersebut pendek dan mudah ditebak.

Selain itu, jangan gunakan nama aslimu sebagai alamat email ketika membuat akun Gmail (misal = “kim.heechul(at)gmail.com”. Kamu sebaiknya waspada karena beberapa spammer menggunakan nama-nama (baik nama depan dan nama belakang) secara acak untuk mengirim spam.

Jika kamu tidak tahu cara menghapus akun google, cobalah untuk mengubah status akun menjadi luring (offline).