Advertisements
cara ngecas hp vivo dengan benar
Source: detik.com

Cara Ngecas HP Vivo Dengan Benar Agar Bateri Tidak Cepat Rusak dan Awet

Advertisements

Cara Ngecas HP Vivo Dengan Benar Agar Bateri Tidak Cepat Rusak dan Awet – Seperti kebanyakan HP Android lainnya, HP Vivo keluaran terbaru pasti dilengkapi dengan fitur Fast Charging. Fitur ini ditujukan untuk memudahkan pengguna saat tidak memiliki banyak waktu sedangkan daya ponsel habis. Agar HP Vivo bisa dicas dengan cepat, inilah tips cara cepat cas HP Vivo dengan benar tanpa menimbulkan kerusakan pada baterai HP:

Cara Ngecas HP Vivo Dengan Benar Agar Bateri Tidak Cepat Rusak dan Awet

1. Matikan HP Saat Mengisi Daya

Pertama, disarankan untuk mematikan saja HP pada saat mengisi daya. Selain menjaga kesehatan baterai, cara ini bisa membantu HP Vivo terisi dayanya dengan semakin cepat. Hal ini juga membantu HP untuk tetap bersuhu normal saat dicas. Jika pun tidak ingin mematikan HP, pengguna bisa mengaktifkan mode pesawat yang pasti tersedia pada HP Vivo.

TRENDING:  Cara Sadap WA Pasangan atau Pacar dari Jarak Jauh

Saat HP dalam keadaan mati, HP bisa dikatakan dalam posisi istirahat. Dalam posisi ini, HP akan berhenti melakukan semua tugasnya sehingga bisa terfokus pada pengisian daya. Daya lebih cepat terisi karena ponsel hanya menerima pengisian tanpa ada penggunaan daya sama sekali.

2. Jangan Gunakan HP Vivo Saat Sedang Mengisi Daya

Jika mematikan HP saat mengecas, terkadang ada kekhawatiran untuk terlewat pada suatu notifikasi. Kalau begitu, cukup lakukan pengecasan dengan HP tetap berada di meja. Jangan gunakan HP sambil di cas karena dengan ini HP akan bekerja lebih berat. Hal ini tentu akan berbahaya bagi kesehatan baterai.

Bersihkan juga segala aplikasi yang bekerja di layar belakang. Redupkan layar dan aktifkan mode hemat daya. Dengan cara ini, pengguna tetap akan mendapat notifikasi masuk tanpa memberikan pekerjaan yang berat kepada HP Vivo yang sedang dicas.

3. Lakukan Pengisian Daya Langsung dari Sumber Listrik.

Tips Cara Ngecas HP Vivo Dengan Benar yang ketiga adalah, lakukan pengisian daya HP langsung dari sumber listrik. Hindari melakukan pengisian dari USB Laptop, port mobil, juga power bank. Ketika mengecas tidak langsung dari sumber listrik, pengguna pasti bisa merasakan bahwa proses pengecasan terjadi sangat lambat.

TRENDING:  Cara Menggandakan Game di HP Vivo dengan Aplikasi Tambahan

Memang betul, mengisi daya dari sumber selain sumber listrik bisa memudahkan pengguna. Namun sumber tersebut tidak memiliki tegangan listrik yang sesuai dengan kebutuhan HP Vivo. Hal tersebut jika dilakukan berulang akan mengurangi tingkat kesehatan baterai. Karenanya, hindari hal ini jika tidak benar-benar terdesak.

4. Gunakan Adaptor dan Kabel yang Sesuai

Mengecas sudah dimulai dari sumber listrik terbaik dan mode pengisian cepat juga sudah aktif, namun baterai masih terisi sangat lama. Tanpa disangka, penyebabnya bisa jadi berada pada adaptor dan kabel yang digunakan. Kapasitas adaptor yang terlalu kecil atau terlalu besar dapat memperlambat proses pengecasan.

Kebanyakan ponsel dengan mode pengisian cepat akan memberi peringatan jika cas yang digunakan tidak sesuai. Hal tersebut akan mendorong pengguna untuk selalu menggunakan cas original, atau paling tidak dengan kapasitas adapter yang sama. Jika cas bawaan rusak, pertimbangkan ukuran adapter dan kabel saat akan membeli yang baru.

TRENDING:  Daftar Spesifikasi dan Harga Laptop ASUS VivoBook Sеrіеѕ

5. Gunakan Charger dengan Mode Fast Charging

Cara Ngecas HP Vivo Dengan Benar Yang terakhir adalah, memilih charger yang mendukung mode pengisian daya cepat. Jenis charger seperti ini sudah banyak dijual oleh penjual aksesoris ponsel dengan harga yang tidak mahal. Namun perlu diperhatikan, charger yang dipilih tidak hanya mendukung fast charging tetapi juga memiliki voltase yang sesuai dengan kebutuhan HP.

HP Vivo yang dilengkapi dengan mode fast charging sebenarnya tetap bisa melakukan pengisian daya cepat dengan cas model biasa. Tentu saja selama mode pengisian cepat diaktifkan. Namun dengan menggunakan charger yang mendukung mode tersebut, tentu saja pengecasan cepat akan lebih cepat dan sehat.

Itulah 5 tips Cara Ngecas HP Vivo Dengan Benar Agar Bateri Tidak Cepat Rusak dan Awet. Dengan melakukan pengecasan yang benar, baterai HP Vivo akan terhindar dari kerusakan karena tegangan yang tidak sesuai. Sama seperti manusia, ponsel harus mendapatkan perawatan terbaik untuk bisa bekerja dengan baik bukan?