Hello Friend, apakah kamu sering merasakan rasa sakit pada dada, sensasi terbakar, atau mual setelah makan? Jika ya, bisa jadi kamu mengalami GERD atau gastroesophageal reflux disease. GERD adalah kondisi di mana asam lambung naik ke kerongkongan dan menyebabkan gejala yang tidak nyaman. Namun, jangan khawatir, di artikel ini kita akan membahas cara mengatasi GERD yang kambuh.

Apa yang Menyebabkan GERD?

GERD disebabkan oleh kelemahan pada katup antara perut dan kerongkongan yang disebut sfingter esofagus bagian bawah (LES). Ketika LES tidak berfungsi dengan baik, asam lambung dapat naik ke kerongkongan dan menyebabkan iritasi. Beberapa faktor yang dapat memperburuk GERD antara lain:

Faktor Keterangan
Makanan Makanan pedas, berlemak, dan asam dapat memicu GERD.
Minuman Minuman berkafein, minuman beralkohol, dan minuman berkarbonasi dapat memperburuk GERD.
Kegemukan Orang yang kelebihan berat badan lebih mungkin mengalami GERD.
Kebiasaan merokok Merokok dapat memperburuk GERD.
Stres Stres dapat memicu GERD.
TRENDING:  Mengatasi Lambung Naik: Tips dan Trik

Bagaimana Cara Mengatasi GERD yang Kambuh?

Untuk mengatasi GERD yang kambuh, kamu bisa mencoba beberapa cara di bawah ini:

1. Hindari Makanan yang Memicu GERD

Makanan yang pedas, berlemak, dan asam dapat memicu GERD. Hindarilah makanan tersebut dan pilih makanan yang lebih sehat seperti buah-buahan, sayuran, dan protein tanpa lemak.

2. Hindari Minuman yang Memicu GERD

Minuman berkafein, minuman beralkohol, dan minuman berkarbonasi dapat memperburuk GERD. Pilihlah minuman yang lebih sehat seperti air putih, jus buah, atau teh herbal.

3. Hindari Merokok

Merokok dapat memperburuk GERD. Jika kamu merokok, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut untuk mengurangi gejala GERD.

4. Kurangi Kegemukan

Orang yang kelebihan berat badan lebih mungkin mengalami GERD. Kurangi berat badan dengan cara mengonsumsi makanan yang sehat dan berolahraga secara teratur.

TRENDING:  Cara Menghilangkan Rasa Mual Saat Asam Lambung Naik

5. Hindari Makan Terlalu Banyak

Makan terlalu banyak dapat memperburuk GERD. Sebaiknya makan dalam porsi kecil dan sering daripada makan dalam porsi besar.

6. Tidur dengan Kepala yang Lebih Tinggi

Tidur dengan kepala yang lebih tinggi dapat membantu mencegah asam lambung naik ke kerongkongan.

7. Konsumsi Obat-obatan

Jika gejala GERD tidak membaik dengan cara di atas, dokter mungkin akan meresepkan obat-obatan seperti antasida, inhibitor pompa proton (PPI), atau histamin blocker untuk mengurangi produksi asam lambung.

FAQ tentang GERD

Apa itu GERD?

GERD adalah kondisi di mana asam lambung naik ke kerongkongan dan menyebabkan gejala yang tidak nyaman seperti rasa sakit pada dada, sensasi terbakar, dan mual.

TRENDING:  Pengobatan Pertama Asam Lambung

Apa yang menyebabkan GERD?

GERD disebabkan oleh kelemahan pada katup antara perut dan kerongkongan yang disebut sfingter esofagus bagian bawah (LES).

Bagaimana cara mengatasi GERD?

Cara mengatasi GERD antara lain dengan menghindari makanan dan minuman yang memicu GERD, mengurangi kegemukan, tidur dengan kepala yang lebih tinggi, dan mengonsumsi obat-obatan.

Kesimpulan

GERD adalah kondisi yang dapat menyebabkan gejala yang tidak nyaman. Namun, dengan menghindari makanan dan minuman yang memicu GERD, mengurangi kegemukan, tidur dengan kepala yang lebih tinggi, dan mengonsumsi obat-obatan, kamu dapat mengatasi GERD yang kambuh dan mengurangi gejala yang tidak nyaman.

Saran

Sebaiknya konsultasikan dengan dokter jika kamu mengalami gejala GERD secara teratur untuk mendapatkan diagnosis yang tepat dan pengobatan yang sesuai.

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Iklan